Menghadirkan Gazebo di Taman

|

Sindo Pagi -

Foto: Corbis

Menghadirkan Gazebo di Taman
BANYAK cara mendekorasi taman agar terlihat menarik. Salah satunya dengan kehadiran gazebo. Dengan banyaknya pilihan, gazebo manakah yang tepat untuk taman Anda?

Ketersediaan lahan halaman yang luas tentu akan membuat Anda leluasa dalam merancang sebuah taman. Peletakan gazebo yang sesuai dengan gaya rumah dan luas taman menghadirkan pemandangan yang sangat estetis dan nuansa seni yang kental.

Seperti bangunan lain, gazebo juga dipandang sebagai sebuah seni di sebuah taman. Kehadiran gazebo memberikan kesan tersendiri bagi penghuni rumah karena mampu menciptakan keharmonisan keluarga. Gazebo menjadi tempat yang sangat cocok sebagai tempat berteduh yang nyaman atau arena berkumpul sambil menikmati pemandangan asri sebuah taman.

Direktur Furniture Indonesia Guntur menuturkan, gazebo dari Indonesia banyak sekali dipesan oleh luar negeri. Dengan beragam model dan desain terbaru, gazebo Indonesia ini salah satu furnitur pelengkap yang banyak dicari.

"Gazebo tidak hanya sebagai pelengkap taman, juga sebagai salah satu aksesori taman yang penting," ungkap Guntur.

Gazebo bagi masyarakat Indonesia, sebenarnya bukan hal baru. Sejak zaman dahulu, gazebo ini biasanya dipakai untuk duduk-duduk lesehan atau sekadar bersantai.

"Ya sebagai tempat untuk duduk-duduk sambil ngobrol ngalor-ngidul bersama tetangga sekitar atau tempat kita bengong, makanya gazebo juga dinamakan balai bengong," sebut Immanuel Purba dari Alaminti Stonesia.

Adapun peletakan gazebo sekarang lebih berfungsi sebagai pelengkap gaya keindahan sebuah rumah sehingga rumah yang memiliki gazebo masuk dalam kelas tersendiri.

"Mungkin bisa masuk ke dalam kategori rumah mewah karena gazebo diletakkan di halaman rumah yang luas dan digunakan untuk kepentingan penghuni rumah itu sendiri," tutur pria yang akrab disapa Imman ini.

Gazebo sangat khas karena dibangun berdiri sendiri di area taman dengan bentuk yang bermacam-macam. Namun, kebanyakan gazebo dapat dikenali dari bentuk dasarnya yang terdiri atas atap, tanpa dinding yang menutupi, dan lantai yang sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah di sekitarnya.

Model gazebo terbagi dalam dua model umum, yakni model klasik dan perpaduan modern-klasik. Model gazebo yang klasik sangat mudah dikenali karena bentuknya yang menyerupai rumah Jawa. Model ini juga terinspirasi dari gaya bangunan Bali yang memiliki banyak ukiran. Umumnya, gazebo berbentuk geometri segi empat yang bersifat permanen.

Model gazebo yang bergaya modern-klasik dibangun dengan gaya yang simpel dan tidak mementingkan detail pada bangunannya dengan permukaan lantai gazebo yang flat (datar).

"Sebenarnya, tak ada nama model khusus pada gazebo karena desain gazebo tergantung pada desain bangunan rumah utamanya," ucap pria yang berprofesi sebagai arsitek lanskap ini.
(mbs)

berita terkait

foto & video lainnya

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Susi Pudjiastuti "Ketularan" Jokowi Batal Bicara