Menghadirkan Efek Gemericik Air di Taman

|

Chaerunnisa - Okezone

Foto : Corbis

Menghadirkan Efek Gemericik Air di Taman
AIR merupakan sumber kehidupan manusia. Selain itu, air juga digunakan sebagai unsur pelengkap yang bersifat dekoratif baik untuk interior maupun eksterior rumah dalam berbagai bentuk. Apalagi ditunjang karakter air yang memiliki nilai tersendiri.

Nirwono Yoga, arsitek lanskap memiliki pendapat mengenai penerapan elemen air dalam sebuah taman. Untuk harmonisasi, sebuah taman dapat memberi tambahan air yang menyatu dengan alam atau eksterior rumah. Selain itu, dipadankan dengan taman di sekeliling rumah sebagai unsur pembentuk ruang (interior).

"Elemen air dalam sebuah taman memiliki efek alami, relaksasi, dan visual. Bahkan kehadiran elemen ini dapat membangkitkan lembar kenangan tersendiri. Pemandangan yang mengagumkan dengan kesan alami dan memesona ini sebagai pendukung untuk mempercantik tampilan taman di rumah," ungkapnya kepada okezone melalui telepon genggamnya, Senin (12/5/2008).

Unsur tanaman dan air dirasakan sangat tepat memberikan kenyamanan di ruang kota yang semakin sesak oleh bangunan. Untuk itu, perlu memerhatikan betul ketepatan antara elemen alam ini dengan lingkungannya.

"Tinggi rendahnya atau jatuhnya air akan menimbulkan suara yang membuat perasaan tersendiri bagi orang yang menikmatinya. Selain itu, efek gemericik air menjadi kolaborasi yang apik antara rumah dan taman. Serta sebagai media komunikasi antara arsitektur dan lanskap dengan bentuk kekontrasannya yang alami," ungkap pria yang akrab disapa Yudi itu.

Banyak nilai positif yang biasa didapat dengan memanfaatkan air sebagai salah satu elemen pengisi interior rumah. Air memang dapat digunakan melengkapi ruang luar atau dalam. Taman halaman depan atau belakang terasa kurang lengkap jika tak ada unsur air. Ini berlaku juga bagi ruang-ruang di dalam rumah.

Unsur-unsur dalam sebuah ruang biasanya berupa perabot dan aneka pernik yang merupakan benda mati dan tak bergerak. Dengan memasukkan sedikit unsur air, atmosfer ruang akan lebih terasa hidup karena adanya flow atau aliran dengan gerakan dan suara air. Lalu, bagaimana penerapannya di rumah tinggal?

Sebelum menerapkan dalam interior rumah tak ada salahnya jika memahami manfaat dan peranan air sehingga bisa maksimal. Fungsi visual air menciptakan suasana ruang yang berbeda dan memberikan kesan visual.

Fungsinya dapat diterapkan sebagai barrier atau pembatas antar ruang. Kemudian sebagai edging atau pembatas tepian ruang. Selanjutnya ada juga eye catching atau focal point, pusat perhatian mata. Pilihan lain bisa juga dengan background atau latar belakang serta motion yang memberikan kesan hidup pada ruangan.

Ada juga fungsi terapi di mana gerak dan aliran suara gemericik air membuat perasaan tenang dan tentram. Tak ketinggalan fungsi ekologis atau lingkungan hidup yang menyeimbangkan unsur alam dengan menyejukkan dan melembapkan udara di sekitar ruang.

"Selain itu, terdapat pula fungsi lain yang tak kalah pentingnya yaitu unsur fengshui sebagai sumber kehidupan yang memberi berkah," tutur pria yang tergabung dalam IALI (Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia) itu mengakhiri pembicaraan.

Menikmati taman lengkap dengan aliran air jernih, yang di sela-selanya turut hidup puluhan ikan hias perlu memerhatikan aspek komposisi antara air dan elemen pendukung lainnya.

"Bila ingin menghadirkan elemen air dalam taman rumah, perlu memerhatikan betul maintenance-nya secara khusus karena berkaitan dengan unsur-unsur lain dalam ruang tersebut, seperti furnitur dan aksesori pendukung lainnya," imbuhnya.

Untuk penerapan dan permainan air yang biasa diterapkan dalam penataan interior berupa waterwall. Selain itu, air di rumah dapat juga dikreasikan sebagai waterfall atau air terjun yang menghasilkan gemericik yang cenderung tenang, berbeda dengan waterwall. Karena jumlah debit air yang keluar lebih besar, suara yang ditimbulkan lebih gemuruh.

"Pada jenis ini, air yang keluar tak membasahi bidang belakangnya karena air tersebut jatuh meloncat, tak seperti waterwall yang airnya merambat. Karena itu space yang dibutuhkan membuat waterfall ini jauh lebih besar," papar pria ramah ini.

Terdapat pula watercurtain di mana air dialirkan melalui media berupa senar berbahan khusus atau curtain lace sehingga terlihat seperti tirai air. Semakin tinggi watercurtain dibuat tentu dibutuhkan senar yang lebih tebal. Jika terlalu tinggi cukup memakai benang yang halus saja.

Bahkan untuk mengatasi keterbatasan lahan dan banyak yang tinggal di apartemen sementara di sisi lain memerlukan interaksi dengan alam, maka diciptakan jenis mini pond atau portable pond.

Mini pond dapat dibongkar pasang dengan komponen berupa bak fiber glass, batu dan sculpture yang biasanya dijual dalam satu paket. Pada foyer biasanya dipasang mini pond sebagai meja konsol atau cermin. Agar permainan air lebih dramatis, sebaiknya ditambahkan efek lighting.

"Air dan lighting dapat mewujudkan efek visual yang bagus. Untuk itu, bila ingin mengaplikasikan elemen air dalam penataan interior harus memerhatikan faktor pencahayaan dan sirkulasi udaranya," pungkasnya. Selamat berkreasi! (nsa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Berbusana Harus Beretika