Plafon Cantik bak Lukisan

|

sindo -

Foto: Corbis

Plafon Cantik bak Lukisan
KEINDAHAN interior tak hanya disuguhkan lewat dinding atau lantai. Plafon pun bisa didesain sama indahnya dengan elemen ruang yang lain.

Plafon saat ini bukan lagi sekadar langit-langit rumah semata. Melainkan telah "berevolusi" menjadi lukisan yang cantik dan berestetika. Di plafon, pemilik rumah dapat berkreasi agar desain interior ruangan semakin menarik. Bahkan, jika Anda mampu mengolaborasikannya, paduan plafon dengan interior lain dapat memberi efek ruang yang diinginkan.

Plafon tidak hanya muncul dengan berbagai jenis material. Plafon juga mampu tampil dengan hiasan cat atau wallpaper yang indah. Dekorasi pada ceiling yang menutup kerangka atap, instalasi listrik, dan AC itu akan memberi efek nyaman bagi penghuni rumah. "Namun, pemasangan plafon bergambar harus disesuaikan dengan gaya bangunan rumah," kata arsitek dari Skala Enam, Ade Asmara.

Jika bangunan rumah bergaya gothic dan Renaisance dengan atap berbentuk kubah, gambar bisa dipilih yang bermotif berat seperti malaikat atau rasul. Namun, jika rumah bergaya minimalis, gambar simpel seperti awan dengan warna biru lebih cocok dipadu-padankan dengan si minimalis itu. Pemilihan awan-awanan dalam ruang dimaksudkan untuk menghadirkan keindahan outdoor dalam indoor.

Mengenai penyesuaian warna plafon dan interior lainnya, menurut Ade, bukan menjadi sesuatu yang mutlak jika dimaksudkan untuk memberi kesan lebih cantik dalam ruang. Pasalnya, plafon dengan dinding, lantai atau furnitur lain merupakan bagian yang terpisah. Namun, jika penghuni ingin menyesuaikan warna antara plafon dan interior lainnya juga sahsah saja dilakukan.

"Asal kontras antara dinding dan plafon. Misal, kalau plafonnya awan-awanan dengan warna biru dan putih, diusahakan paduan dinding atau lantainya berwarna cerah," ujarnya.

Berbeda dengan Ade, desainer interior Annahape dalam situsnya menyebutkan, perlu ada kombinasi warna cat pada dinding plafon dan lantai sehingga bisa menciptakan efek tertentu, seperti keluasan, ketinggian, dan kedalaman ruang.

Diakui Ade, pemasangan plafon bergambar lebih cocok untuk rumah bertingkat sehingga kesan indah akan lebih didapat. Sebab, jika gambar langit-langit dengan awan diletakkan pada plafon yang pendek, bakal menimbulkan efek dingin. Sedangkan gambar yang ramai bisa memberi kesan ruang penuh.

Karena itu, Ade menyarankan, meski plafon bergambar memberi kesan ruang semakin cantik, sebaiknya hanya dipasang di ruang-ruang tertentu. Untuk plafon bergambar langit biru diletakkan di kamar tidur anak atau ruang keluarga. Untuk di ruang publik dalam rumah, bisa dipasang plafon bergambar simpel atau memasang wallpaper dengan motif tidak terlalu ramai, sederhana, atau soft sehingga ruang tamu tidak menjadi sumpek.

Berbagai bahan yang digunakan untuk membuat plafon pun sangat bervariasi seperti gipsum, asbes, tripleks, metal, ataupun kaca. Selain bahan, bentuk serta motifnya juga beragam, seperti malaikat, awan, langit biru, batik, tumbuh-tumbuhan, bunga, dan sebagainya.

Sementara itu, yang perlu diperhatikan ketika ingin mengaplikasikan gambar pada plafon adalah tentukan terlebih dulu tempat yang cocok. Ini dimaksudkan memberi kesan pantas dan indah pada ruang Anda.

Selain itu, perhatikan ketinggian antara lantai dan plafon. Pasalnya, selain sebagai penutup kerangka atap rumah dan mempercantik ruang, plafon juga berfungsi sebagai insulasi panas atau sirkulasi udara. Karena itu, ketinggian plafon harus diperhatikan.

Ketinggian pemasangan plafon umumnya disesuaikan dengan ketinggian rumah, yakni berkisar antara 2,5-3,5 meter. "Idealnya sekitar enam meter. Plafon bergambar memang cocok untuk rumah dengan dua lantai karena akan memberi kesan ruang lebih luas dan indah untuk dipandang," tukas Ade. Nah, bagi Anda yang berminat, sekarang bisa mencoba mewarnai dan melukis ceiling rumah sesuai selera dan kepantasan ruang.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cara Alami Ibu Hamil Cegah Mual