Satu Senam Latih Semua Otot

|

sindo -

Foto: Corbis

Satu Senam Latih Semua Otot
BODYBALANCE menggabungkan tiga jenis senam sekaligus, yakni tai chi, yoga dan pilates. Bagaimana latihan ini bisa efektif melatih seluruh otot tubuh?

Latihan yang dimaksud adalah bodybalance, yang masih jadi bagian dari varian program keluaran Les Mills. Seperti halnya bodystep, bodycombat, bodypump, bodyattack, hingga RPM. Bodybalance bermanfaat mengintegrasikan dan menyeimbangkan sistem tubuh. Karena menyatukan gerakan relaksasi dan meditasi, bodybalance berguna mengurangi stres, pencegahan penyakit, serta menyelaraskan tubuh, pikiran, dan emosi.

Latihan secara rutin akan meningkatkan kondisi fisik, fleksibilitas, serta menyeimbangkan semua sisi tubuh supaya menjadi lebih simetris. Beberapa bagian tubuh yang harus dilatih pada bodybalance adalah tulang belakang.

Salah satu bagian penyangga tubuh ini dikombinasikan dengan gerakan pilates yang lebih rileks untuk membantu pencegahan pembentukan asam laktat. Yoga yang jadi salah satu varian bodybalance dapat menguatkan otot secara lambat, rileks, dan tanpa peregangan keras. Ini penting bagi pemilik otot pendek dan sempit karena kurang latihan.

Gerakan tai chi sendiri menyeimbangkan syaraf-syaraf kegelisahan untuk mengurangi rasa stres. Ketika latihan berlangsung, kelenjar endokrin akan mengeluarkan hormon yang bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh. Tak hanya itu, pernapasan seseorang (kapasitas paru-paru) akan semakin besar. Sehingga tidak mudah capek. Tai Chi ini bisa pula menguatkan sistem kekebalan tubuh.

"Selain jadi latihan alternatif, bodybalance juga dapat dilakukan sebagai program penyembuhan. Gerakannya sudah diadaptasi, sehingga tidak sesulit saat melakukan gerakan tai chi, yoga maupun pilates secara tunggal," jelas Fernawati Tjhia, instruktur Bodybalance Fit By Beat Jakarta.

Lanjut Ferna, latihan bodybalance tidak ada gerakan melipat-lipat seperti yoga. Keleluasaan gerakan ini penting bagi pemilik tubuh gemuk yang tidak bisa melakukan gerakan ekstrem, misalnya berdiri dengan satu kaki diangkat, dan lainnya. Bodybalance akan memberi opsi atau pilihan gerakan tanpa menghilangkan esensi sebenarnya. Latihan bodybalance cukup sederhana. Hanya dengan alat bantu berupa matras, peserta dapat merasakan latihan semua otot tubuh hanya dengan gerakan dinamis dan statis.

Latihan ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa batasan jenis kelamin dan usia. Di mana pun dan kapan pun. Untuk hasil terbaik, latihan bisa dilakukan di luar ruangan, terutama yang memiliki taman dengan kondisi pepohonan cukup rindang. Karena latihan bodybalance cukup banyak menggunakan latihan olah pernapasan. Jika tidak ada, latihan bisa dilakukan di dalam ruangan dengan kondisi sejuk dan bebas bernapas.

"Variasi gerakan dalam latihan bodybalance akan berubah tiga bulan sekali sesuai dengan program Les Mills internasional. Karena banyak variasi, program bodybalance lebih menyenangkan dilakukan siapa saja," tambah instruktur lulusan Akademi Fitness dan Aerobik Spa (AFAS) Jakarta. (tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Nikmatnya Mi Bakso Sirloin Kecap Jepang ala Melly Mono