Toples Kristal Pemanis Kue Lebaran

|

Chaerunnisa - Okezone

Foto : Corbis

Toples Kristal Pemanis Kue Lebaran
LEBARAN sudah di depan mata, seluruh umat muslim penuh suka cita menyambut hari kemenangan yang akan dirayakan sepekan mendatang. Persiapan menyambut hari nan fitri pun sudah dilakukan jauh-jauh hari, baik itu membeli pakaian baru, hingga menata panganan dalam toples.

Aneka panganan mulai dari kue kering, snack, camilan, dan permen sudah ditata untuk menyambut hari raya. Tanpa aneka kue tersebut, Lebaran terasa kurang lengkap. Namun agar panganan tersebut dapat tahan hingga berhari-hari, perlu memilih toples yang tepat. Salah satunya ialah toples kristal.

Selain cantik dan menimbulkan prestise bagi penggunanya, keindahan dan pesona cahaya yang dipantulkan dari kristal dapat menyejukkan hati yang sedang penat.

"Keunggulan kristal hadir melalui kebeningan dan kecermelangannya. Jadi kue-kue yang dipajang lebih mengena dan berkesan mewah," terang Trisna Timotius, Promotion Departement Elite Grahacipta, saat dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Rabu (24/9/2008).

Kendati pajangan-pajangan kristal cenderung digunakan di rumah bergaya klasik, tapi saat ini aksesori kristal juga dibuat dengan model kontemporer yang cocok untuk rumah bergaya modern.

"Toples-toples kristal ini ada yang modern dan semi klasik. Perbedaan di antara keduanya kalau yang modern lebih simpel dan polos, sementara yang klasik lebih banyak permainan cutting," ucap pria ramah ini.

Salah satu jenis kristal yang termasyur lebih dari 230 tahun di seluruh dunia adalah Baccarat. Kristal ini merupakan kristal terbaik dan terbening di dunia sehingga Baccarat menjamin 99 persen dari produk atau koleksinya tanpa buble atau gelembung udara. Inilah yang menyebabkan kristal Baccarat terkenal dengan kualitas yang sempurna.

Tak kalah berkualitas dengan Baccarat, Orreforfs yang berasal dari Swedia juga banyak digunakan untuk pajangan-pajangan kristal semisal toples, vas, dan bowl. Sementara bagi Anda yang ingin menghiasi kue Lebaran dengan toples kristal, Werke yang berasal dari Jerman pun dapat menjadi alternatif pilihan. Hanya saja, kristal ini kurang sebening Baccarat dan Orreforfs.

Keindahan kristal membuat banyak orang mengoleksinya hanya sekadar mengangkat gengsi, tak heran jika kebanyakan dari mereka menaruhnya di lemari pajang tanpa ingin menggunakannya. Nah, bagi Anda yang ingin menyemarakkan hari nan fitri mendatang, maka tak ada salahnya menggunakan toples-toples kristal yang cantik.

"Biasanya ibu-ibu kalau mau memakai pajangan kristal itu takut tidak bisa membersihkannya atau takut pecah, jadi hanya dipajang di meja atau lemari. Padahal moment istimewa seperti Lebaran adalah saat yang tepat untuk memamerkannya. Untuk toples kristal, sebaiknya susun panganan dengan rapi. Sementara agar tidak susah membersihkannya, Anda dapat mencuci dengan pembersih kaca lalu dilap dan ditiriskan, koleksi kristal Anda akan tampil memukau," beber Trisna panjang lebar.

Masih menurut Trisna, meski kesan mewah yang terpancar dari toples kristal dapat membuat panganan Lebaran semakin menggugah selera, tapi Anda harus selektif memilih jenis kue yang akan disuguhkan.

"Kalau toples kristal itu tergantung makanannya yang ditaruh. Kristal bagus hanya untuk permen atau cokelat. Jadi untuk kue yang mudah alot semisal nastar, kastengel, atau putri salju sebaiknya ditaruh dalam toples biasa," imbuhnya.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan toples-toples kristal untuk panganan Lebaran, sebaiknya Anda juga harus hati-hati meletakkannya, terutama jauhkan dari jangkauan anak-anak.

"Pada dasarnya jangan takut menggunakan toples-toples kristal, tapi Anda pun harus tetap waspada, jangan sembarangan menaruhnya," pungkasnya seraya menuturkan harga toples kristal berkisar dari Rp1,5-Rp5 juta.
(nsa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Restoran di Tiongkok Beri Diskon Sesuai Berat Badan