Perindah Tampilan Taman Belakang

|

sindo -

Foto: Corbis

Perindah Tampilan Taman Belakang
TAMAN depan dibuat indah, itu sudah biasa. Namun, bila Anda juga memiliki lahan kosong di belakang rumah, jangan sampai Anda membiarkannya terbengkalai.

Seluas atau sesempit apa pun lahan belakang, Anda dapat membuatnya menjadi taman yang indah semenawan taman di depan rumah. Pekarangan belakang merupakan salah satu tempat istimewa dan pribadi bagi Anda. Di tempat itulah Anda sering melakukan aktivitas pribadi seperti berkumpul bersama anggota keluarga, berkebun, menyepi, menyendiri, dan masih banyak lagi.

Berikan nilai penting pada pekarangan belakang Anda dengan memikirkan cara terbaik untuk meningkatkan keseluruhan tampilan dan strukturnya. Selain itu, Anda juga punya bahan baru untuk belajar, yaitu bagaimana membuat taman di pekarangan belakang terlihat indah.

Penataan pekarangan belakang yang tepat dapat mempercantik keseluruhan penampilan rumah. Menurut arsitek lanskap Fifiana, penataan pekarangan belakang rumah memiliki beberapa bentuk. Setiap bentuk mencakup beberapa set prosedur dan peralatan yang harus Anda pelajari jika ingin tampilan taman sesuai dengan yang Anda inginkan. Penataan pekarangan belakang mengacu pada beberapa set prinsip dan metode yang dibutuhkan untuk meningkatkan penampilan alami lahan itu sendiri. "Ada dua bentuk utama yang dapat Anda perhatikan, yaitu soft landscaping dan hard landscaping," kata arsitek yang akrab dipanggil Fifi itu.

"Soft landscaping mencakup proses-proses yang dibutuhkan dalam meningkatkan tampilan pekarangan melalui penanaman pohon atau tanaman hias, semak-semak, dan rumput pada area tersebut. Sementara hard landscaping mencakup instalasi seperti pemasangan pagar, pengaspalan, dan pemasangan ubin atau patio," sebutnya.

Setelah Anda memutuskan jenis penataan lanskap yang diinginkan, Anda bisa langsung melaksanakan tahap- tahapnya. Yang pertama yang harus Anda perhatikan adalah, apa yang ingin Anda lakukan terlebih dahulu pada pekarangan belakang itu. Coba sekali-sekali Anda mengobservasi pekarangan Anda dulu. Tentukan tanaman atau struktur seperti apa yang ingin Anda aplikasikan dan pastikan apakah mereka cocok diletakkan di situ.

Anda juga harus memperhatikan keseluruhan lahan pekarangan belakang sambil memikirkan apa yang pas bagi pekarangan Anda itu. "Jika Anda ingin menaruh tanaman di pekarangan, pastikan tanaman tersebut diletakkan pada area yang terkena sinar matahari langsung," saran Fifi. Anda juga bisa menuangkan ide di kepala dengan membuat lay out standar dari rencana penataan tersebut. "Gambarnya tak perlu bagus, yang penting Anda jadi memiliki bayangan seperti apa penataannya," ucap Fifi.

Apabila Anda berencana menanam rumput hijau, berarti Anda membutuhkan spreader atau pengoles, garpu tanah, dan mesin penggiling tanah. "Mesin penggilingnya cari yang kecil saja, berbentuk seperti mesin pemotong rumput. Hanya, bedanya mesin ini digunakan untuk meratakan serta menekan tanah agar rumput dapat menempel secara pas pada tanah. Alat ini juga dapat membuat pola pada rumput," kata Fifi.

Sementara spreader digunakan agar Anda dapat menyediakan permukaan lahan yang pas supaya rumput atau bibit tanaman lain bisa tumbuh di permukaan tanah tersebut. Bila pekarangan tidak terlalu besar, Anda bisa menggunakan spreader manual.

Untuk hard landscaping, alat-alat yang dibutuhkan tergantung pada struktur yang Anda inginkan. Biasanya alat-alat hard landscaping mencakup sekop, palu, gergaji listrik atau manual, pemotong alat dengan listrik, alat pemadat, serta sarung tangan kulit.

Pada pekarangan belakang yang indah, Anda tidak akan terlalu memperhatikan fitur-fitur pribadi. Yang Anda perhatikan hanya keterpaduan antara alam dengan seni artistik.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Susu Kedelai Homemade Paradise Gourmet