Ajari Anak Sayang Hewan

Ajari Anak Sayang Hewan

Foto: Ist

MENANAMKAN anak untuk mencintai hewan bisa dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan. Tak harus ke kebun binatang, melalui patung pun anak bisa diajak menyayangi binatang.

Hewan adalah makhluk hidup yang ada di sekeliling kita. Cinta pada sesama makhluk hidup adalah suatu keharusan. Hal itulah yang harus ditanamkan pada anak, salah satunya untuk menyayangi hewan. Namun, tidak semua anak suka hewan. Bahkan, pada beberapa anak, ada yang tidak menyukai binatang. Mereka sering menendang hewan yang tidak disukainya, atau juga menangis melihat hewan yang ditakutinya.

Psikolog dari Personal Growth, Ratih Andjayani Ibrahim, mengatakan, anak-anak hendaknya diajarkan untuk tidak takut pada hewan apa pun sejak kecil, dan berusaha untuk menyayangi hewan yang ada di sekelilingnya. "Kalau orangtuanya menyayangi hewan, maka anak akan familier dengan hewan tersebut karena lingkungan yang membiasakan. Dengan begitu, anak juga akan belajar menyayangi hewan," ucapnya.

Saat memperkenalkan ragam hewan, pendampingan dan bimbingan orangtua jelas diperlukan. Ratih mengemukakan, ketika anak masih merasa takut untuk berdekatan dengan hewan, orangtua bisa pelan-pelan memberitahukan anak bahwa tidak masalah dekat dengan hewan. "Jika anak sudah merasa aman, maka dia akan mulai berani menyentuh. Selanjutnya memegang, mengelus, sampai akhirnya menggendong," tutur Ratih.

Memperkenalkan hewan adalah tugas orangtua berikutnya untuk memberikan lebih banyak pengetahuan tentang hewan selain yang ada di lingkungan sekitarnya. Cara itu bisa dilakukan dengan bermacam-macam kegiatan.

"Mengajak anak ke kebun binatang, lalu menceritakan hal seputar hewan-hewan yang ditemui. Atau jika orangtua memiliki pengalaman seru dan lucu dengan hewan tertentu bisa diceritakan ke anak. Dengan begitu, anak akan merasa tertarik," sarannya.

Cara lain yang bisa diberikan pada anak untuk memperkenalkan hewan adalah dengan mengajak anak ke tempat yang memajang banyak hewan. Entah itu hanya berupa gambar atau hiasan hewan lain. Hal itu pulalah yang dilakukan Yupi, salah satu produsen terbesar dari permen gummy di Indonesia.

"Welcome to Yupi Land" adalah tema utama dari ajang besar pertama Yupi pada tahun ini. Bertempat di atrium Mal Pacific Place, Jakarta, beraneka replika karakter khas Yupi,mulai jenis-jenis dinosaurus, kuda laut, bintang laut, lumba-lumba, ular, dan sapi, yang semuanya dibuat dari rangkaian permen dipamerkan di tempat ini.

Penikmat Yupi, si kenyal yang bikin hepi ini, bisa menjelajahi Yupi Land mulai 10 Juni hingga akhir Juni 2009.

"Ini merupakan pertama kali Yupi mewujudkan Yupi Land. Adanya beraneka replika karakter Yupi yang dihadirkan, diharapkan dapat lebih mendekatkan Yupi dengan anak-anak dan orangtua," ujar Direktur Sales & Marketing Yupi Juliwati Husman.

Tiap karakter di Yupi Land disertai dengan penjelasan berupa Wikipedia. Misalnya, lumba-lumba, Yupi menjelaskan secara lengkap mulai sebaran populasinya, cara berkembang biak, hingga pola hidup. Karena itu, Yupi menjamin liburan di mal bareng Yupi tetap fun dan bermanfaat karena secara tidak langsung diharapkan dapat membangun emosional anak agar berpikir imajinatif dan kreatif.

Yupi Land terdiri atas 3 teritori, teritori jungle di bagian tengah dihuni aneka replika binatang, mulai binatang purba seperti keluarga dinosaurus, ular, buaya, hingga binatang ternak seperti sapi. Teritori yang di sebelah kanan adalah area seaworld. Di arena ini dipajang ikon-ikon binatang laut seperti lumba-lumba, kuda laut, kepiting, paus, gurita, dan binatang laut lainnya. Sedangkan di teritori sebelah kiri dinamakan river of love. Area ini menggambarkan suasana yang agak romantis ditandai dengan sungai dari Yupi Sweet Heart yang ada jembatan di tengahnya. Tentu saja ini menjadikan kita ingat dan baik pada orang-orang yang dikasihi seperti keluarga dan teman-teman.

"Dengan begitu, anak-anak menikmati liburan mereka yang bisa dikatakan cukup unik, selain menyenangkan, kegiatan ini juga menambah pengetahuan mereka tentang hewan yang mungkin belum pernah mereka kenal," ungkapnya.

Di Yupi Land, dihadirkanjuga replika dinosaurus raksasa dan tertinggi di Indonesia yang terbuat dari rangkaian permen gummy. Dinosaurus raksasa tersebut disusun lebih dari 100.000 rangkaian permen gummy dengan tinggi 5 meter, serta memerlukan 3 mingguan untuk menyelesaikannya. Begitu juga ikon lain masing- masing dibalut dengan Yupi gummy yang berbentuk ukuran bear dengan aneka ukuran,shark, milly moos, juicy gummy yang berbentuk buah-buahan, burger, sweet heart.
(tty)

Baca Juga

Supaya Selalu Akur sama Mertua, Hindari Hal Ini saat Lebaran Ya

Supaya Selalu Akur sama Mertua, Hindari Hal Ini saat Lebaran Ya