Cara Membentuk Perut Six Pack

Cara Membentuk Perut Six Pack

Foto: Corbis

SETIAP wanita selalu mendambakan perut rata dan kencang, serta bebas dari lemak. Namun, untuk meraihnya bukan perkara mudah. Dibutuhkan latihan rutin yang bertujuan meratakan dan mengencangkan perut.

Secara genetik, kaum hawa memang lebih sulit membuat perutnya six pack karena tubuh mereka menyimpan lebih banyak lemak daripada pria. Hal ini alamiah, karena wanita sudah disiapkan untuk melahirkan dan menyusui, sehingga membutuhkan lemak sebagai sumber utama mendukung hal tersebut.

Meski begitu, bukan hal yang tak mungking untuk Anda memiliki bentuk perut six pack. Pasalnya, semua orang sudah memiliki otot perut yang baik pada bagian dalam tubuh. Di mana otot ini tidak terlihat karena tertutup oleh lemak.

Karena itu, yang terpenting adalah mengetahui cara menghilangkan lemak dari bagian perut Anda. Begitu Anda menyingkirkan lemak tersebut, tentu memiliki perut six pack bukan hanya sekadar impian.

Nah, untuk Anda yang ingin membuat perut six pack, Head of Division Nutrifood Dessert Center, Susana memaparkan langkah-langkahnya.

"Kalau berat badannya berlebih harus diturunkan terlebih dahulu. Langkah pertama, lemak harus dibuang hingga berat badan menjadi normal. Sedangkan untuk yang bertubuh kurus harus dibuat normal dulu karena bentuk six pack-nya itu tidak terlihat maksimal. Sementara untuk orang normal, fokus pada latihan beban di area six pack seperti perut," papar Susana saat ditemui dalam acara Pemilihan Model L-Men 2009, di Jakarta, Kamis (16/7/2009).

Meski latihan fisik menjadi langkah paling ampuh menurunkan presentase lemak tubuh, namun tidak perlu melakukan latihan ekstra.

"Olahraga berlebih juga tidak bagus jika ingin membentuk perut six pack. Harusnya, olahraga yang dilakukan selang-seling. Artinya, tiap hari boleh olahraga tapi di bagian yang berbeda-beda, tidak harus di bagian tertentu. Misal hari ini fokus di perut, besok boleh ke kaki atau tangan," imbuhnya.

Langkah selanjutnya, masih menurut Susana, ialah menyeimbangkan nutrisi. Langkah ini ditempuh dengan mengonsumsi sumber-sumber protein pembentuk otot.

"Untuk membentuk otot, harus memasukkan menu sumber-sumber protein yang berasal dari susu, dan daging. Daging merupakan sumber protein dan lemak, tapi lebih baik jika disajikan tanpa digoreng, melainkan ditumis atau dipanggang. Kalau untuk dada ayam bisa direbus dan membuang kulitnya," jelas Susana.

Tak hanya mengonsumsi asupan makanan yang kaya protein, namun Anda pun harus membatasi konsumsi garam dan gula.

"Selain itu, jika ingin perut six pack harus membatasi konsumsi garam dan gula pasir. Maksimal pemakaian gula pasir tiga sendok dalam sehari, karena kalau lebih bisa jadi lemak. Sedangkan jika ingin mengonsumsi nasi, lebih baik nasi merah," ungkapnya seraya menyarankan pilih susu lowfat tinggi protein.

Lebih lanjut, Susana juga menyarankan hal lain yang tak kalah penting. Menurut Susana, agar perut terlihat six pack, perlu diperhatikan juga kandungan asam amino dalam tubuh. Dan istirihat yang cukup, yaitu 7 jam/hari. Langkah terakhir ialah memotivasi diri untuk selalu menjaga tubuh.

Selamat membentuk perut six pack!
(nsa)

Baca Juga

Selain Tenun, Makassar Bakal Produksi Batik

Selain Tenun, Makassar Bakal Produksi Batik