Nasi Bakar Tradisional Jadi Incaran

|

Koran SI - Koran SI

Foto: Inggrid Namirazswara/Koran SI

Nasi Bakar Tradisional Jadi Incaran
MENYANTAP makanan Jepang seolah sudah menjadi tren dan gaya hidup masyarakat di seluruh dunia. Melalui hidangan Jepang, kita bisa menikmati makanan sehat dan lezat.

Masakan Jepang sering dijadikan rujukan oleh kaum vegetarian ataupun mereka yang sedang menjalani diet rendah lemak. Hal ini disebabkan, salah satunya, bahan dasar makanan sebagian besar berupa sayuran. Potensi sumber daya laut Jepang juga cukup kaya.

Maka tidak heran, makanan laut (seafood) kerap dijumpai di tiap restoran Jepang, tentu dengan metode pengolahan yang berbeda-beda. Bahkan di Jepang, tidak sedikit orang yang menyantap seafood dalam keadaan segar dan mentah.

Sesuai dengan misi Takigawa, yakni menyajikan masakan Jepang terbaik serta bervariasi dengan cita rasa unik dan lezat, menu di sini dibuat dalam beragam pilihan penyajian.

Salah satu yang menjadi favorit dan diincar konsumen adalah menu takigawa kamameshi, atau disebut juga dengan nasi bakar tradisional Jepang. Sebenarnya, ini bukanlah menu berupa nasi yang dibakar, melainkan nasi yang dimasak dengan cara dikukus seperti biasa.

Yang unik dan yang membuat menu ini disebut nasi bakar adalah, karena nasi disajikan dalam hot pot kecil, yang diimpor dari Jepang.

"Karena nasi dan lauknya dimasukkan dalam hot pot, nasi selalu dalam keadaan panas sehingga bentuknya pun mirip nasi bakar," ujar Supervisor Takigawa Japanese Restaurant Cabang Serpong Muhammad Mukmin.

Menu nasi ini berisi lauk lengkap, yaitu belut, kepiting, salmon, kerang, udang, ayam, serta beberapa jenis sayuran seperti wortel dan jamur shitake. Bahan isian yang terdapat dalam nasi bakar cukup variatif, sehingga rasa yang dihasilkan pun beragam. Misalnya ayam yang digiling dan dimasak dengan bumbu manis. Bagi yang suka pedas, jangan pernah lupa untuk memasukkan cabai bubuk ke dalam menu Anda.

"Cara memakannya, nasi diaduk jadi satu sehingga semua daging tercampur dan menghasilkan rasa yang unik. Menu ini sangat jarang dijumpai di restoran Jepang lainnya," sebut Mukmin.

Masakan Jepang yang ada sekarang sering merupakan perpaduan berbagai macam bahan makanan dari berbagai negara. Seiring menjamurnya restoran Jepang di sejumlah negara, menu-menu yang kemudian dikategorikan sebagai masakan Jepang pun kian banyak ragamnya. Seperti aneka ragam sushi yang terdapat di Takigawa. Sushi diolah dengan kreasi yang modern oleh sang koki sehingga menghasilkan rasa baru yang tetap dicintai penggemar menu ini.

Sebut saja takigawa roll. Sushi panggang ini termasuk menu favorit dan best seller. Isinya adalah salmon, scallop, serta crab stick yang di atasnya disiram saus spesial buatan Takigawa. Rasa saus ini sedikit menyerupai mayones. Taburan tobico atau telur ikan layang menjadi sentuhan akhir untuk menu ini.

"Rasa salmon dan melted sauce membuat sushi ini disukai.Apalagi saat penyajian pertama, di mana saus masih dalam keadaan melted," ujar salah seorang pengunjung Takigawa Serpong, Uma Teresabel.

Masih ingin menambah menu sushi Anda? Cobalah crunch-crunch roll, yang juga menjadi menu andalan walaupun belum lama diluncurkan. Sesuai namanya, sushi yang disajikan sangatlah garing.

"Anak-anak maupun orang dewasa pasti suka karena tekstur garingnya tadi," imbuh Mukmin.

Untuk mempertahankan kualitas makanan, hampir semua bahan dasar diimpor dari Jepang, seperti beras, unagi (belut), salmon, dan ikan amachi. (nsa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Gadis Cantik Ini Makan Pedas Hanya Jika Datang Bulan