Kulit Wajah Sehat & Cantik dengan Masker Alami

|

Mom& Kiddie -

Foto: Corbis

Kulit Wajah Sehat & Cantik dengan Masker Alami
SAAT asap hitam mobil meninggalkan noda di pori-pori kulit, dan teriknya matahari membuat kulit wajah semakin kusam, biasanya Moms akan menggunakan masker. Alhasil kulit pun bernafas lega.

Tidak hanya itu, peredaran darah di kulit pun lancar, mengangkat sel-sel yang mati dan merangsang sel-sel kulit baru. Tapi masalahnya, boro-boro pergi nyalon, kesibukan mengurus si kecil membuat Moms malas memanjakan kulit wajahnya sendiri.

Kasihan benar ya nasib si kulit wajah! Jangan khawatir, Moms ingin wajah tampak cling, pakai saja masker buah buatan sendiri! Selain bebas kimia, kulit terasa segar alami.

Masker untuk Kulit Wajah Normal

Enak memang berkulit normal karena Moms jarang memiliki masalah pada kulit wajah, jerawat, misalnya. Meski begitu, untuk menjaga kesehatan, wajah harus tetap dirawat!

Masker Plum

Buah plum mengandung phytochemical -senyawa antikanker- yaitu ferulic acid, yang membantu menurunkan risiko kanker usus. Selain itu, ia pun kaya serat dan Potassium. Asyiknya lagi, plum juga bisa meregenerasi sel kulit baru. Begitu juga Alpha Hidroxy Acid (AHA) bisa menghilangkan kerutan halus, hingga masalah noda akibat proses penuaan, bekas jerawat, atau sinar matahari.

Moms bisa merebus plum hingga agak lembek dan hancurkan dengan garpu. Lalu, campurkan madu dan oatmeal hingga mengental. Usapkan pada seluruh wajah selama 10 menit. Lalu, bersihkan wajah dengan air dingin.

Masker Tomat

Dalam tomat terdapat lycopene, zat pencegah kanker. Selain itu juga menurunkan tekanan darah tinggi serta merangsang sirkulasi darah. Karena memiliki kualitas antioksidan yang tinggi, tomat mampu mencerahkan kulit dan mengatasi jerawat.

Siapkan beberapa tomat segar. Setelah itu, gosokkan irisan tomat pada wajah. Biarkan mengering dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu, bilaslah wajah dengan air hangat.

Masker untuk Kulit Wajah Cenderung Berminyak

Walau berkulit normal, ternyata ada sapuan berminyak di wajah. Sepertinya Moms musti merawat kulit!

Masker Wortel

Wortel mengandung betakaroten -sebagai antioksidan- yang juga memperlambat proses penuaan. Selain itu, vitamin E-nya juga mencegah kanker. Di samping itu, wortel bisa memudarkan bercak-bercak pada kulit dan mengatasi masalah kulit normal dan berminyak.

2-3 buah wortel berukuran cukup besar, lalu rebus dan hancurkan sampai lembut. Kemudian, campurkan dengan madu. Usapkan pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air dingin.

Masker untuk Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

Tiap kali menyentuh wajah, "Kok, berminyak banget ya!" Biasanya wajah berminyak mudah berjerawat. Walau Moms sudah memakai produk perawatan, namun hasilnya nihil, cobalah masker buah berikut ini:

Masker Apel

Apel mengandung serat, flavanoids, dan fruktosa (gula). Lebih dari 10 persen kebutuhan serat sehari bisa dipenuhi dalam satu buah apel. Dan serat ini mampu menurunkan kolesterol darah, risiko jantung koroner.

Nah, Moms pun bisa mengolahnya menjadi masker dengan mengambil satu buah apel berukuran sedang untuk diparut kemudian campurkan 5 sdm madu. Lalu, oleskan pada wajah selama 10 menit dan bilas dengan air dingin.

Masker Stroberi

Merah, berbintik hitam, agak manis dan sedikit masam itulah stroberi. Mengandung vitamin C, potassium, serat, juga fitokimia yang fungsinya mencegah terjadi gumpalan darah -penyebab serangan jantung atau stroke. Stroberi juga digunakan sebagai obat jerawat alami karena kandungan asam salisilat-nya.

Haluskan 8-9 buah stroberi dengan garpu. Masukkan 3 sdm madu. Kompreslah wajah dengan hasil saringan stroberi dan madu selama 10 menit. Lalu, bersihkan dengan air steril atau air hangat biasa.

Masker Lemon

Lemon mempunyai kandungan serat, potassium, alkalin, fosfor, kalsium, hingga pelbagai vitamin A, C, B1, B2 dan B3. Pelbagai penyakit dari pencernaan, tekanan darah, tulang dan gigi, hingga masalah kulit berminyak bisa diatasi menggunakan lemon.

Peraslah lemon, lalu campurkan dengan putih telur yang dikocok. Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Lalu bersihkan dengan air mawar atau air hangat.

Masker untuk Kulit Wajah Kering

Baru mengelus kulit wajah, "kok rasanya kering ya!". Ketika mematut wajah di cermin, terlihat pula kulit kusam dan agak berkeriput. Wah, Moms perlu perawatan ekstra deh!

Masker Pisang

Pisang memiliki kandungan Tryptphan -sejenis protein yang diatur tubuh menjadi serotinin- yang membawa suasana rileks. Selain itu, pisang mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

Karena fungsinya juga sebagai pelembap, Moms bisa membuat masker dengan mengambil pisang ambon yang masak dan dihancurkan. Tambahkan juga minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan gunakan secara teratur sebagai bedak.

Masker Alpukat

Karena mengandung banyak asam amino dan vitamin, alpukat cocok untuk mencegah kerutan pada wajah. Agar kulit tetap cerah, tumbuklah alpukat matang dengan garpu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Lalu, bersihkan wajah dengan air hangat.

Masker Untuk Semua Jenis Kulit

Ternyata, ada lho buah yang cocok bagi segala jenis kulit. Sehingga, Moms nggak perlu repot bila ada saudara atau tetangga yang ikut ber-masker bersama.

Masker Anggur

Kaya akan potassium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, kalsium, magnesium, dan senyawa flavonid. Tidak heran bila anggur banyak mengandung antioksidan. Karena itu, Moms bisa membuat masker anggur. Awali dengan hancurkan beberapa anggur dan saringlah. Hasil saringan usapkan pada wajah. Setelah 20 menit, basuhlah dengan air mawar. (nsa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kemenparekraf Diubah, Ini Reaksi Vinsensius Jemadu