Benarkah Bedong Meluruskan Kaki Bayi?

|

Koran SI - Koran SI

Foto: Corbis

Benarkah Bedong Meluruskan Kaki Bayi?
BIAR kaki tak bengkok. Itulah kira-kira tujuannya mengapa bayi yang baru lahir harus dibedong. Cara perawatan turun-temurun masih juga dilakukan hingga saat ini, dan menjadi semacam mitos.

Sebenarnya bayi dibedong dan kaki bengkok tak ada kaitannya. Itu hanyalah mitos belaka. Yang benar adalah sejak dalam kandungan, bayi tidak punya cukup ruangan untuk meluruskan kakinya. Alhasil, saat bayi lahir, kakinya masih bengkok.

Tetapi jangan cemas, setelah kelahirannya, kaki bayi akan lurus dengan sendirinya dan kembali normal. Jadi, tidak ada kaitannya antara pemakaian bedong dengan pembentukan kaki bayi.

Pada masa lampau, kain bedong (berbentuk persegi empat terbuat dari flanel) adalah perlengkapan wajib yang musti dipunyai ibu yang baru bersalin. Maklum saja, waktu itu banyak bayi yang lahir di rumah.

Tentu saja, tidak ada peralatan yang bisa menghangatkan tubuh bayi seperti yang tersedia di rumah sakit. Sebut saja Radiant Warmer (sejenis penghangat saat bayi lahir), kuvis (tempat tidur bayi yang dilengkapi penghangat), atau inkubator (boks penghangat bagi bayi prematur). Padahal, bayi yang baru lahir membutuhkan kehangatan sedikitnya beberapa jam selepas dari rahim ibunya.

Dan, satu-satunya cara menghangatkan tubuh bayi (selain dipeluk sang ibu tentunya) adalah memakai bedong. Hingga kini pun, bedong masih banyak digunakan untuk memberi kehangatan pada bayi.

Biasanya, bayi baru lahir sering bergerak seperti orang terkejut. Ini akibat refleks kejut yang kerap terjadi pada bayi baru lahir. Tak heran, bila sedikit-sedikit bayi terbangun karena terganggu tidurnya. Ada bayi yang setelah terbangun menjadi sulit tidur kembali dan menjadi rewel. Nah, bedong bisa membantu bayi mengatasi refleks kejutnya dan membuat bayi tidur kembali. (nsa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Begini Cara Pedangdut Seksi Kencangkan Otot Payudara