Merawat Keindahan Rambut dengan Bahan Alami

Jum'at, 9 Oktober 2009 - 13:12 wib | Genie - Genie

Foto: Corbis

Merawat Keindahan Rambut dengan Bahan Alami
AKTIVITAS yang padat seringkali menjadi kendala utama bagi sebagian besar perempuan untuk merawat kesehatan dan keindahan rambutnya. Padahal keindahan dan sehatan rambut adalah salah satu faktor penting yang mendukung aktivitas dan mobilitas.

Stres dan tingkat polusi yang tinggi dapat menyebabkan akar rambut (folikel) kurang mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga rambut rusak, kusam, rapuh, dan mudah rontok.

"Stres dan cuaca dapat memengaruhi kesehatan rambut," kata pakar rambut Rudy Hadisuwarno.

Kondisi rambut akan semakin parah jika rambut sering terkena paparan zat kimia. Panasnya hairdryer dan bahan-bhan kimia yang terkandung di dalam pewarna rambut membuat kelembaban alami rambut berkurang.

"Sering terkena hairdryer dan rambut yang sering dicat akan membuat rambut jadi semakin kering," sambungnya.

Perawatan rambut yang tepat dapat membuat rambut kembali indah, sehat, dan berkilau. Ada dua macam perawatan rambut, yaitu secara modern dan tradisional. Perawatan rambut secara modern merupakan perawatan yang memakai bahan-bahan dengan teknologi canggih. Sedangkan perawatan tradisional adalah perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Perawatan dengan bahan-bahan alami saat ini cukup banyak diminati. Selain murah, perawtan ini juga cukup mudah dilakukan tanpa harus repot-repot ke salon.

"Banyak bahan yang tersedia  di rumah dan dapat kita gunakan untuk merawat rambut," kata Rudy.

Yang penting, lanjut Rudy orang harus paham jenis rambut dan jenis kulit kepala, serta kandungan yang terdapat dalam bahan-bahan tersebut.

"Contohnya, bagi yang memiliki jenis rambut kering, dapat menggunakan alpukat yang memiliki banyak kandungan lemak," urainya.

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat rambut.

Yoghurt

Khasiat yoghurt untuk kulit sudah menjadi rahasia umum. Selain itu, yoghurt juga berfungsi untuk menutrisi rambut. "Yoghurt dapat melembapkan dan menguatkan akar rambut," kata Rudy.

Yoghurt juga dapat mencegah kerontokan. Penggunaan yoghurt secara rutin juga akan mencegah rambut cepat beruban. Caranya, gunakan yoghurt sebagai masker rambut dengan teratur setiap dua minggu sekali. Dan hasilnya, rambut akan semakin bercahaya.

Teh

Selain sehat untuk diminum, teh juga memilliki manfaat untuk mencegah tumbuhnya uban. "Teh memiliki khasiat mencegah rambut beruban," sambung Rudy.

Semua jenis teh mempunyai kemampuan masing-masing untuk menyehatkan rambut. Kandungan antioksidan pada teh hijau (green tea) mampu melindungi rambut dari paparan polusi. Teh melati dipercaya mampu meningkatkan kilau rambut. Sedangkan teh rasa mint dapat dipilih untuk menyejukkan kulit kepala. Kandungan mint yang segar mampu menghilangkan lemak dan ketombe serta mengurangi rasa gatal di kulit kepala.

Cara menggunakannya cukup mudah. Seduh teh dengan menggunakan air panas, lalu endapkan selama semalaman. Air teh yang sudah basi tersebut, digosok-gosokkan ke kulit kepala. Lakukan sesaat sebelum keramas. Dan hasilnya, uban akan berkurang dan rambut menjadi hitam berkilau.

Alpukat

Bagi yang memiliki rambut kering, dapat menggunakan khasiat dari alpukat. Karena alpukat kaya akan asam lemak dan nutrisi. "Caranya, hancurkan alpukat di dalam mangkuk, dan aduk hingga jadi pasta kental," jelas Rudy.

Kemudian, aplikasikan pada rambut mulai dari akar hingga ujung rambut. Dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan menggunakan sampo, kemudian bilas.

Kemiri

Sudah bukan rahasia lagi jika kemiri dapat memperbaiki dan memperkuat rambut. Kandungan minyak di dalam kemiri, sangat baik bagi akar rambut. Caranya, kemiri ditumbuk  kasar, lalu disangrai. Setelah itu, tumbuk hingga halus sampai keluar minyak. Gunakan minyak kemiri untuk creambath, lakukan sebelum keramas.

Bawang Merah

Bawang merah memiliki khasiat yang baik untuk mencegah rambut rontok. "Caranya cukup mudah, cukup makan bawang merah tersebut. Atau makan bawang merah yang sudah jadi acar. Ini membantu agar rambut tidak cepat rontok," urai Rudy.

Jika tidak kuat makan bawang merah karena baunya, dapat mengolesi kulit kepala dengan perasan bawang merah pada malam harinya. Kemudian pada pagi hari, bilas rambut dengan menggunakan sampo.

Cuka apel

Cuka apel, kaya akan alpha-hidroxy acids yang membantu membersihkan residu dari polusi dan kotoran. Sehingga rambut menjadi lembut dan bersinar. Campur setengah cangkir cuka apel dengan seperempat cangkir air. Gunakanlah campuran tersebut untuk membilas rambut pada saat keramas. Ini akan membuat rambut menjadi berkilau alami.

Telur

Telur sangat baik sebagai conditioner rambut. Kandungan proteinnya yang tinggi mambentu rambut. Perawatan rambut dengan telur juga akan menambah kilau rambut. Tetapi bau amis telur terkadang membuat banyak orang yang enggan untuk menggunakannya. Ada cara untuk menghilangkan bau amis pada telur, yaitu dengan menggunakan tetesan perasan jeruk lemon ke dalam telur yang sudah dikocok. Kemudian dioleskan ke rambut sebagai masker.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang mampu melembutkan rambut yang kering dan kutikula yang rusak sehingga rambut menjadi bersinar. Caranya, hangatkan tiga sendok makan minyak kelapa dan sikatkan rambut dengan lembut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Kemudian bungkus rambut dengan menggunakan handuk panas selama 30 menit. Lalu keramas dengan sampo dan bilas rambut dengan air bersih. (nsa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pakai Kebaya, Istri Jokowi Tunjukkan Kesederhanaan