Khasiat Teh untuk Kecantikan

|

Koran SI - Koran SI

Foto: Istimewa

Khasiat Teh untuk Kecantikan
ANTIOKSIDAN, seorang wanita melakukan perawatan tubuh dengan menggunakan scrub green tea (teh hijau). Khasiat teh hijau memiliki kemampuan sebagai antioksidan karena mengandung feofitin.

Teh memiliki manfaat bagi tubuh.Kini,teh juga digunakan sebagai bahan perawatan tubuh karena ternyata khasiatnya juga bisa mencegah penuaan diniPara ahli telah melakukan penelitian, ternyata manfaat teh, terutama kandungan kafein alaminya, dapat melindungi kulit yang rusak akibat sinar matahari dan mencegah kanker.

Saat ini teh memiliki beragam jenis. Satu yang populer adalah teh hijau. Ekstrak teh hijau memiliki kandungan feofitin yang merupakan turunan warna dari klorofil yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan dan karoten yang memiliki mekanisme fotoproteksi.

Kemampuannya sebagai antioksidan dapat memperlambat terjadinya penuaan dini yang disebabkan senyawa-senyawa polutan berbahaya yang banyak terdapat di lingkungan.

Sementara kemampuan fotoproteksi yaitu menangkal radiasi sinar UV penyebab kerusakan sel. Tidak heran ekstrak teh hijau sering diaplikasikan ke dalam bahan kosmetik, seperti tabir surya dan produk lainnya. Beberapa Ilmuwan Jepang melakukan penelitian dan membuktikan bahwa kemampuan antioksidan dari teh jauh lebih besar dari vitamin C dan E.

Ini karena teh mengandung polifenol, terutama epigalokatekin galat. Kelebihan tersebut memicu munculnya berbagai produk kosmetik yang ditawarkan dengan berbagai kelebihan, terutama sebagai kosmetik yang dapat menunda penuaan dini,dan menghilangkan kerutan-kerutan di wajah.

Selain itu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet yang merusak kulit. Manfaat teh tersebut menjadi konsep utama Q spa di kawasan Gunawarman, Jakarta. Dian Ameliawati, PR dan Spa Advisor, saat ditemui Seputar Indonesia mengatakan,green tea atau teh hijau digunakan sebagai bahan dasar berbagai produk perawatan kecantikan.

"Untuk perawatan, kami hanya menggunakan green tea karena segala kebaikannya, termasuk memberikan relaksasi, melembapkan dan melembutkan kulit. Sementara, untuk menu minuman memiliki beberapa jenis teh, seperti black tea, red tea dan green tea," tutur Dian yang mengatakan semua produk teh di Q spa merupakan olahan dari tempat perawatan tersebut.

"Metode perawatan di Q spa merupakan perpaduan balineese style, Indonesia, dan Jepang. Kita pun memiliki stone massage koral dari Jepang. Ini batu khusus untuk meditasi yang bisa menyerap energi negatif dari tubuh yang kurang fit, kemudian digantikan energi positif dari terapis," beber Dian.

Selain itu, ciri khas Q Spa yakni memiliki perawatan french massage yang sangat baik untuk pelangsingan.

"Tekanannya lebih kuat karena untuk melunturkan lemak dan juga detoks. Dan kita kombinasikan dengan menggunakan bahan teh hijau," sebut Dian.

Dengan pijatan ini, produk pendamping yang juga mengandung teh hijau akan meresap lebih efektif, meluruhkan dan melembutkan. Menu perawatan yang bisa Anda pilih dimulai dari Smoothing effect bagi mereka yang sibuk.

Khusus bagi wanita disediakan pula ekstra tea scalp treatmentdan hair spa. Kemudian bagi mereka yang memiliki masalah sulit tidur bisa mengambil perawatan sleep and sound. Ramuan dan teknik pijatnya sangat nyaman, membantu Anda menemukan jam tidur yang dibutuhkan tubuh. Harumnya aroma teh, semerbak memberi kesegaran. Namun, ada beberapa varian aroma terapi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan tubuh.

"Minyak aroma terapi kita banyak macamnya. Misalnya peppermint, sedangkan untuk menenangkan pikiran, silakan dipilih aroma orange atau lavender," tutur Dian.

Dian juga mengatakan, produk yang juga digemari adalah Herbal Tea Body Bath yang digunakan untuk berendam, Milk Bath campur teh yang dioleskan setelah proses scrub selesai, dan Tea Scrub.

Scrub tersebut dibuatnya dari green tea kering, dicampur dengan aroma terapi dan sedikit whitening essence. Fungsinya untuk mengoptimalkan eksfoliasi dan memaksimalkan regenerasi kulit dengan baik. Untuk menu pelangsingan, Q Spa memiliki perfect contour tea treatment. Ada satu hal yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi teh pelangsing.

"Teh pelangsing yang baik, sesudah diminum tidak menyebabkan diare atau buang air kecil," kata dr Nany Leksokumoro MS SpGK, dokter spesialis gizi klinik dari RS Omni Internasional Alam Sutera, Serpong.

Jika itu terjadi segera hentikan dan berkonsultasi ke dokter.
(nsa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Merawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir