Panduan Memilih & Mengolah Bahan Makanan

|

Adhini Amaliafitri - Okezone

Selain memilih, cara mengolah penting pula menjaga kualitas makanan/Ist.

Panduan Memilih & Mengolah Bahan Makanan
SELAIN memilih bahan makanan, cara mengolah juga menentukan mutu gizi makanan. Bahan makanan bergizi baik, kandungan gizinya bisa berkurang, hilang, atau malah membahayakan kesehatan bila diolah tidak higienis.

Sebagai orangtua, kita harus menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Kesehatan mereka adalah aset berharga untuk menjalani rutinitas harian dengan penuh vitalitas. Karenanya, penting bagi kita untuk memahami bagaimana cara memilih dan mengolah bahan makanan secara tepat dan benar.

Selain itu, dengan memilih bahan makanan berkualitas baik, Anda juga mengurangi kemungkinan membengkaknya pengeluaran keluarga untuk biaya pengobatan. Sebab, Anda telah menjaga kesehatan seluruh anggota dengan baik. Sampai kapan pun, mencegah tentu lebih baik dari mengobati, kan?

Berikut beberapa panduan bagi Anda dalam memilih dan mengolah bahan makanan, di antaranya:

1. Pergunakan peralatan masak yang bersih.

2. Masaklah daging sampai matang.

3. Pilihlah ikan ataupun daging rendah lemak. Bisa juga mengurangi lemak dengan membuang kulitnya.

4. Belilah daging yang sudah mendapat pengesahan kesehatan resmi dari pemerintah.

5. Konsumsi daging atau ikan segar. Kalaupun harus disimpan di lemari es, bungkus rapat dan jangan dicampur dengan bahan makanan lain. Penyimpanan daging di freezer bisa bertahan sampai satu bulan, tetapi bila disimpan dalam lemari es bersuhu menengah, tidak boleh lebih dari sehari.

6. Masaklah sayuran dengan panci tertutup dan jangan sampai layu.

7. Sesudah menggunakan peralatan masak, segera cuci bersih. Bersihkan tempat memotong, mengolah, dan memasak daging atau ikan dengan sabun antiseptik untuk membunuh kuman atau bakteri dengan tuntas. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Makanan Penyebab Bau Mulut (II-Habis)