Jenis-Jenis Pewarna Alami

Kamis, 14 Januari 2010 - 15:06 wib | Koran SI - Koran SI

Wortel bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta membantu pertahanan tubuh dari resiko kanker. (Foto: Ist)

Jenis-Jenis Pewarna Alami
ANDA mungkin mengetahui wortel penting untuk kesehatan mata. Padahal, wortel juga mempunyai manfaat lain yang tak kalah penting. Apa saja?
 
Untuk mengetahui manfaat wortel dan buah atau tanaman lainnya macam buah pit, kunyit, sawi, daun selada, daun suji, dan daun pandan, berikut ini ulasan lengkap untuk Anda.
 
Buah bit
 
Buah berwarna merah tua ini mengandung vitamin A (karotenoid), vitamin B1, B2, vitamin C, dan asam folat. Manfaatnya antara lain membantu mengobati penyakit hati dan empedu, penghancur sel kanker dan tumor, mencegah anemia, menurunkan kolesterol, dan membantu produksi sel darah merah.
 
Wortel
 
Wortel bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta membantu pertahanan tubuh dari resiko kanker, terutama kanker peru-paru, kanker larynx (tenggorokan), esophagus (kerongkongan), prostat, kandung kemih, dan leher rahim.
 
Kunyit
 
Kunyit mengandung curcumin, suatu zat berwarna kuning. Jenis tanaman obat ini berguna sebagai obat antigatal dan antikejang, mengurangi pembengkakan, dan menyembuhkan hidung tersumbat.
 
Sawi
 
Sayuran ini kaya akan protein, lemak, karbohidrat, Ca, P, Fe, Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C. Manfaatnya untuk menghilangkan rasa gatal dan tenggorokan pada penderita batuk, penyembuh penyakit kepala, bahan pembersih darah, memperbaiki fungsi ginjal, serta memperbaiki dan memperlancar pencernaan.
 
Daun selada
 
Daun selada air juga bermanfaat bagi kesehatan. Selain kaya serat, sayuran berwarna hijau muda ini juga mengurangi risiko terjadinya kanker, katarak, menurunkan risiko gangguan jantung dan terjadinya stroke, mengurangi gangguan anemia, meringankan insomnia (sulit tidur), serta membantu kerja pencernaan dan kesehatan organ hati.
 
Daun suji dan daun pandan
 
Daun suji lebih sering dipakai sebagai pewarna pada kue jajan pasar dan minuman. Daun pandan juga bisa memberikan warna pada masakan dengan cara menumbuk dan memeras airnya, namun efek warnanya tidak sekuat daun suji.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Menikmati Pepes Kopyor di Hotel Bintang Lima