Kolak Campur Istimewa

|

Adhini Amaliafitri - Okezone

Foto: Ist

Kolak Campur Istimewa
SELAIN kaya zat gizi, buah pisang tumbuh subur di Indonesia dan cocok diolah menjadi aneka kudapan lezat dan mengenyangkan. Beragam jenis pisang bisa didapat dengan mudah di negeri ini. Sebut saja pisang kepok, pisang susu, pisang emas, pisang barangan, pisang raja, pisang tanduk, pisang kapas, pisang raja, dan pisang ambon.

Manisnya pisang juga cocok diolah menjadi beragam kudapan. Mulai dari pisang goreng, kolak pisang, banana cake, muffin pisang, kue bolu pisang, bahkan bisa diolah menjadi kue tradisional seperti nagasari dan putri noong.

Khasiat buah ini juga dapat menurunkan level stres dari dalam tubuh Anda. Pasalnya, ketika tubuh dalam kondisi stres, tingkat metabolisme pun akan menjadi naik. Akibatnya, terjadi pengurangan kadar potasium di dalam tubuh. Kondisi ini dapat Anda atasi dengan melahap pisang yang kaya potasium. Potasium sendiri merupakan mineral penting yang dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengendalikan kadar cairan tubuh.
 
Nah, bila ingin minum yang segar-segar di waktu sore, Anda bisa membuat camilan berupa kolak istimewa. Tak hanya lezat, namun juga bisa menjadi makanan pengganti di malam hari bila Anda sedang diet.
 
Bahan
1 liter santan dari 1 butir kelapa
150 gr gula pasir
2 lembar daun pandan, simpulkan, sobek-sobek
2 cm jahe, memarkan
5 buah pisang barangan, iris melintang 1 cm
200 gr kolang-kaling, iris membujur tipis
150 gr tapai ketan hitam yang manis, siap pakai es batu jika akan disajikan dingin
 
Bola-bola Talas
250 gr talas ketan
25  gr tepung maizena
0,50 sdt garam
2 tetes pewarna merah
Air untuk merebus
 
Cara membuat:
1. Bola-bola Talas: Kupas  talas, cuci dengan air bergaram agar getahnya hilang, tiriskan. Kukus talas dalam dandang panas hingga matang dan empuk. Angkat, haluskan selagi panas. Tambahkan tepung maizena, garam, dan pewarna merah. Aduk rata hingga menjadi adonan yang tidak lengket. Bentuk adonan menjadi bola-bola sebesar kelereng, rebus dalam air mendidih hingga matang dan mengapung. Angkat, tiriskan, sisikan.
 
2. Didihkan santan, gula dan daun pandan, dan jahe sambil aduk-aduk agar santan tidak pecah dan gula larut. Masukkan pisang dan kolang-kaling, rebus sambil aduk-aduk hingga pisang matang dan santan agak kental. Angkat.
 
3. Penyajian : Dalam mangkuk saji, taruh bola-bola talas dan tapai ketan hitam. Siram dengan kolak pisang panas, sajikan segera. Jika ingin disajikan dingin, siram dengan kolak pisang yang telah dingin, beri es batu menurut selera.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mi & Bakso Jadi Menu Favorit Istri Raffi