Teknik Merias Wajah ala Swedia

Sabtu, 27 Februari 2010 - 10:04 wib | Genie - Genie

Marissa (Foto: Genie)

Teknik Merias Wajah ala Swedia
MERIAS wajah bukanlah hal yang mudah. Peralatan dan produk kecantikan tidak serta merta membuat Anda tampil cantik jika tidak dibarengi teknik merias wajah yang tepat. Berikut cara jitu dalam merias ala make up stylist asal Swedia, Jonas Wramell.

Secara kodrati, perempuan mendambakan kecantikan. Seorang perempuan akan melakukan berbagai cara agar memeroleh predikat cantik. Salah satu cara dalam mempercantik diri adalah merias wajah. “Banyak wanita yang menginginkan agar dirinya tampil cantik. Salah satu caranya dengan merawat diri, ditambah dengan menggunakan make up yang tepat,” jelas Jonas Wramell, make up stylist asal Swedia.

Untuk mendapatkan riasan wajah yang tepat, tentu membutuhkan keahlian dalam merias wajah. Produk-produk kecantikan yang kini banyak tersedia belumlah mutlak membuat wajah menjadi cantik tanpa perpaduan keahlian yang mempuni dalam mengaplikasikannya.

“Jika para wanita mengetahui trik dan tip yang tepat dalam ber-make up, saya yakin mereka dapat dengan mudah mengaplikasikan make up sendiri di rumah,” ucap pria yang telah 12 tahun mengarungi profesi sebagai make up artist di Swedia ini.

Dalam lawatannya di Jakarta, Jonas memberikan apresiasinya terhadap perempuan-perempuan Asia. “Warna kulit wanita Asia sangat bagus dan unik. Dengan menggunakan warna yang tepat, tentu penampilan wanita Asia akan terlihat semakin menarik,” jelasnya.

Begitu pula dalam perpaduan warna. Kulit perempuan Asia sangat compatible dengan segala macam warna. Contohnya, warna merah dan warna cokelat yang matching dengan warna kulit sawo matang dan kuning langsat. “Warna merah untuk lipstik disesuaikan dengan warna kulit orang Asia. Misalkan merah yang sedikit gelap, untuk mereka yang berkulit sawo matang,” urai Jonas.

Tak hanya itu, Jonas memberikan beberapa tip yang dapat dipraktikan oleh wanita di Indonesia. “Ada beberapa trik agar make up pada wajah semakin sempurna,” ucap Jonas. Yang pertama, ketika mengaplikasikan foundation pada wajah. Jonas menyarankan agar meratakan wajah dengan menggunakan kuas.

“Kuas berfungsi untuk meratakan krim foundation yang ada pada wajah,” ucap Jonas. Foundation diratakan dengan menggunakan kuas searah dengan pertumbuhan bulu-bulu halus pada wajah. Teknik ini berguna untuk membuat bulu-bulu wajah tertutup dan noda-noda serta bekas-bekas jerawat pada wajah tersamarkan.

Kemudian, ketika mengaplikasikan bedak, Jonas menyarankan untuk mengaplikasikannya dengan menggunakan spons padat. Lalu, saat mengaplikasikan bedak berguna untuk membuat bedak lebih menempel pada kulit wajah. Selain itu, bedak terlihat lebih rata.

Trik berikutnya adalah memberikan eyebrow shadow pada alis mata. “Saya selalu suka menggunakan eyebrow shadow untuk alis mata karena membuat wajah terlihat lebih alami,” ungkap Jonas. Untuk alis, Jonas memberikan saran untuk menaikkan sedikit bentuk alis agar terlihat lebih tegas.

Sedangkan jika ingin terlihat lembut, gunakan teknik membentuk alis secara alami. “Kalau ingin mendapatkan karakter yang tegas dan kuat, cukup bentuk dasar alis,” tambah Jonas.

Teknik yang digunakan Jonas dalam menggunakan eyebrow shadow adalah dengan mengaplikasikannya pada alis searah pertumbuhan alis. “Jadi, saat ditepuk-tepuk pada wajah secara perlahan berikan warna bedak yang setingkat lebih terang dari warna kulit. Dan teknik menggunakan bedak yang baik adalah dengan cara ditepuk-tepuk,” jelas Jonas.

Pengarsiran eyebrow shadow ke arah atas sesuai dengan pertumbuhan alis menurut Jonas berguna untuk membuat alis terlihat lebih alami.

Kemudian, Jonas juga memberikan tip yang tepat ketika menggunakan eyeliner. “Banyak wanita yang kesulitan dalam mengaplikasikan eyeliner. Mereka sering gemeteran ketika mengoleskan eyeliner. Padahal, ada trik khususnya,” tuturnya.

Sebelum mengoleskan eyeliner pada garis kelopak mata, berilah tanda berupa titik-titik sepanjang garis mata dengan menggunakan eyeliner.

“Dengan adanya titik-titik di garis mata, kita tidak perlu khawatir akan kesulitan atau belepotan dalam mengoleskan eyeliner,” pungkas Jonas.

Jonas juga memiliki trik khusus untuk mengaplikasikan maskara. “Banyak yang mengaplikasikan maskara hanya ke arah atas saja. Tetapi, yang paling bagus adalah dengan menggunakan tiga teknik yang berbeda dalam mengoleskan maskara,” jelasnya.

Untuk bulu mata bagian dalam, Jonas mengaplikasikan maskara ke arah dalam atau ke arah hidung. Sementara untuk bagian tengah bulu mata, Jonas mengaplikasikan maskara ke arah atas. Dan untuk bulu mata bagian ujung luar, Jonas mengoleskan maskara ke arah luar mata. “Teknik ini berguna untuk membuat bulu mata terlihat lebih tebal dan lentik,” katanya.

Untuk blush-on, Jonas memberikan saran, agar wanita tidak memulaskan blush-on hingga anak rambut. “Pemulasan blush-on jangan sampai ke arah anak rambut. Cukup sampai tulang pelipis saja. Dan jangan terlalu penuh dalam pemulasan blush-on,” lanjutnya. Kemudian, blush-on sangat baik jika dipulaskan di area tulang pipi.

“Alasannya, dengan memulaskan di area tulang pipi, maka pipi kita akan terlihat lebih bercahaya dan segar,” sambungnya.

Yang terakhir, agar perempuan tampil berbeda, Jonas memilihkan lipstik warna merah untuk bibir. “Lipstik warna merah membuat setiap wanita terlihat sensual, unik dan tetap terlihat unsur ketegasan,” ungkap Jonas.

Jika banyak yang belum berani mengaplikasikan warna tersebut, Jonas menyarankan agar para wanita belajar memakai lipstik merah tersebut di rumah.
(nsa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Olga Lydia Ikutan Pawai Sambut Presiden Baru