Etika Bertelepon di Tempat Kerja

Rabu, 31 Maret 2010 - 15:47 wib | Koran SI - Koran SI

Telepon di kantor pun ada etikanya (Foto: Google)

Etika Bertelepon di Tempat Kerja
TELEPON, apalagi telepon seluler, sudah sulit dipisahkan dan hidup setiap orang. Meski begitu, penggunaan telepon seluler di tempat kerja terkadang bisa mengganggu kehidupan dan kerja orang lain.
 
Misalnya, perbincangan  yang terlalu lama di telepon dengan teman atau keluarga malah mengganggu kerja Anda, juga orang di sekitar Anda.
 
Karena itulah, untuk menjaga etika penggunaan telepon seluler di tempat kerja, ada baiknya Anda mengikuti petunjuk di bawah ni, seperti di kutip dari aol.com.
 
Jangan bunyikan ring tone
 
Sebaiknya setel ponsel Anda dengan nada getar. Ponsel yang terus berbunyi, apalagi jika nadanya berbeda-beda, bisa  sangat mengganggu konsentrasi kerja. Lagi pula, Anda juga tentunya tak ingin bos Anda mengetahui kalau Anda  sering menerima telepon pribadi saat sedang bekerja.
 
Gunakan hanya untuk hal penting
 
Jika Anda sedang bekerja, sebaiknya gunakan ponsel tersebut hanya untuk menerima telepon penting Anda bisa mengaturnya di ponsel hingga hanya telepon dari orang-orang penting saja yang Anda terima. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa memberitahukan penelepon jika Anda sedang bekerja dan memintanya untuk menelepon kembali setelah pekerjaan Anda selesai.
 
Sambungkan dengan voice mail
 
Jika Anda sedang sibuk bekerja dan tak yakin apakah telepon tersebut penting atau tidak, biarkan voice mail Anda yang menjjawab dan menerima pesan dari si penelepon. Langkah ini lebih praktis daripada Anda harus mengangkat telepon dan mengatakan bahwa Anda sedang tidak bisa bicara karena sibuk bekerja.
 
Cari tempat yang nyaman
 
Jika Anda harus menerima telepon pribadi saat bekerja atau istirahat, lebih baik cari tempat yang sepi atau nyaman untuk melakukannya. Selain agar Anda nyaman membicarakan hal pribadi, orang lain pun tidak perlu terganggu dengan pembicaraan Anda dengan lawan bicara di telepon.
 
Jangan mengangkat telepon di restroom
 
Anda mungkin saja menrima telepon dari orang penting, dan dia bisa saja mendengan suara toilet flushing atau apa pun yang menandakan bahwa Anda sedang di toilet. Hal ini tentunya akan sangat tidak mengenakkan bagi Anda berdua. Berbicara di toilet yang suasananya tenang juga menimbulkan rasa tak nyaman bagi penerima telepon maupun orang yang mendengarnya.
 
Jangan menerima telepon saat rapat
 
Bahkan jika ponsel tersebut di-setting dengan nada getar akan sangat sopan jika Anda mengangkatnya saat atasan atau rekan kerja tengah menyampaikan ide atau membahas masalah yang serius. Mengangkat telepon saat sedang rapat juga menandakan bahwa Anda tidak berkonsentrasi penuh pada materi rapat.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cara Tepat Penggunaan Minyak Zaitun