Bumil Konsumsi Susu UHT, Bolehkah?

Minggu, 27 Juni 2010 - 11:11 wib | Mom& Kiddie -

Ibu hamil konsumsi susu UHT (Foto: Getty Images) Ibu hamil konsumsi susu UHT (Foto: Getty Images) TIDAK semua wanita hamil menyukai susu khusus untuk ibu hamil (bumil), seperti yang dialami Nina (25). Pada kehamilan pertama, ia rutin mengonsumsi susu khusus untuk bumil sampai usia kandungan 9 bulan. Tapi kehamilan kedua, ia justru lebih suka minum susu UHT. Apa sih bedanya?

Kelebihan Susu UHT

Menurut penuturan dr Inge Permadhi, MS, SpGK dari Departemen Ilmu Gizi FKUI, Jakarta, mengonsumsi susu UHT pada kondisi hamil boleh-boleh saja. Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebih atau bisa diselang-seling dengan mengonsumsi susu khusus untuk bumil.

Perlu Moms ketahui, susu UHT dibuat dari susu sapi segar pilihan yang diolah dengan suhu tinggi dan waktu singkat (135 - 145ºC, selama 2-5 detik), sehingga dapat membunuh semua mikroba pembusuk dan mikroba pathogen (penyebab penyakit).

Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar.

Kesegaran susu akan terasa nikmat jika segera diminum, terlebih jika disimpan dalam lemari pendingin. Sehingga tidak berpengaruh banyak terhadap komposisi gizinya. Pun susu UHT bersifat awet dan tanpa bahan pengawet.

Susu Segar

Yang tidak dianjurkan bagi bumil adalah mengonsumsi susu segar alias susu sapi murni. Karena proses sterilisasi susu sapi ini masih kurang, dikhawatirkan bumil maupun janin yang ada dalam kandungan rentan terkontaminasi mikroba. Itulah mengapa sebelum susu segar dikonsumsi, disarankan agar dimasak dulu pada suhu 650º atau sekitar 15 menit.

Susu Khusus bumil 

Lain halnya dengan susu khusus untuk bumil. Selain, komposisi gizinya dirancang khusus untuk bumil dan ibu menyusui, biasanya juga ditambah mineral asam folat dan asam lemak esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan janin. Jadi, pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk bumil dan janin dalam kandungan tetap terpenuhi.

Lemak Susu UHT Tinggi

Lemak dibutuhkan oleh tubuh, baik ibu maupun janin membutuhkan lemak. Namun perlu diketahui bahwa ada berbagai macam lemak, lemak jenuh dan lemak tidak jenuh, keduanya juga diperlukan oleh tubuh.

Lemak yang terkandung dalam susu full cream adalah lemak jenuh. Sebenarnya menyehatkan tidak? Pasalnya, kadar lemak yang tinggi dan jenuh disinyalir berisiko meningkatkan kadar Low Density Lipoproteins (LDL) si kolesterol jahat.

Hal ini diamini oleh dr Febriansyah Darus, SpOG dari RSIA Hermina Jatinegara, Jakarta, bahwasanya komposisi susu UHT memang mengandung kadar lemak tinggi.

So
, dianjurkan agar bumil hati-hati selama mengonsumsi susu UHT. Sehingga efek yang dikhawatirkan untuk BuMil bisa diminimalisir.

Susu, Makanan Penyokong

Kapan sih bumil wajib minum susu? Tergantung Moms. Ada beberapa kondisi kehamilan yang mewajibkan Moms minum susu, misalnya: mereka yang terus menerus mual pada trimester pertama, tak jarang sering muntah bahkan nafsu makan menurun drastis.

Padahal, trimester pertama merupakan proses pembelahan sel dan pembentukan organ-organ tubuh janin. Bila asupan makanan baik dari kualitas maupun kuantitas tidak terpenuhi, akan mengganggu perkembangan janin.

Jika kondisi bumil seperti itu, susu bisa menjadi penyokong asupan nutrisi yang sempat menurun untuk sementar waktu. So, jangan disalahartikan sebagai makanan pengganti. Dengan demikian, asupan nutrisi untuk janin masih terpenuhi.

Komposisi Gizi Susu Cair

Tahukah Moms berapa komposisi gizi susu cair dalam satu gelas? Rata-rata komposisi gizi dalam 1 gelas susu cair (250 ml) mengandung lemak sebanyak 7,5 g; protein sebanyak 10 g dan karbohidrat sebanyak 10 g serta vitamin dan mineral.

Jika dalam sehari Moms minum susu 3 gelas, maka perolehan energinya sebanyak 442 kkal, lemak sebanyak 22,5 g; protein sebanyak 30 g dan karbohidrat sebanyak 30 g plus vitamin dan mineral. (nsa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »