Membantu si Kecil Senang Belajar di Sekolah

Rabu, 25 Agustus 2010 - 17:48 wib | Fitri Yulianti - Okezone

Cari waktu yang pas untuk diskusi bersama si kecil seputar guru di sekolahnya. (Foto: gettyimages)

Membantu si Kecil Senang Belajar di Sekolah
SELAIN orangtua, guru adalah orang yang berpengaruh signifikan bagi perkembangan si kecil. Sehingga penting bagi Anda memberikan informasi yang benar lewat diskusi tentang arti sekolah dan belajar kepada buah hati tercinta.

Dikutip Sheknows, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk membantu si kecil memiliki kesan positif terhadap gurunya sejak awal masuk sekolah. Hubungan positif dengan guru pasti akan membuat hari demi hari yang dilaluinya di sekolah menjadi lebih menyenangkan. Alhasil, nilai akademiknya bisa memuaskan.

Mencari waktu yang tepat

Cari waktu yang pas untuk diskusi bersama si kecil seputar guru di sekolahnya. Caranya tergantung pada usia anak Anda. Biarkan putra atau putri Anda memulai pembicaraan tanpa menyadarinya.

Dr Elizabeth Berger, psikiater anak dan penulis Raising Kids with Character mengatakan, "Cara terbaik bagi orangtua untuk mengomunikasikan ide-ide mereka adalah saat si kecil telah menunjukkan ketertarikannya pada suatu subyek, sehingga masukan orangtua bisa dengan mudah diterima.”

"Seorang anak yang secara psikologis diasah untuk siap menghadapi tahun ajaran baru mungkin berkomentar seperti, ‘Wah, aku harap guru baruku suka padaku. Saran orangtua bijaksana itu kemudian cenderung menjadi kepastian serta panduan yang berguna untuk menyambut tahun ajaran baru," kata Berger.

Kebenaran universal

Kepribadian, perkembangan, dan usia spesifik anak Anda akan menentukan tindakan yang tepat untuknya. Hanya Anda tahu yang terbaik untuknya, tapi ada beberapa kebenaran universal yang dapat Anda bagi bersama si kecil untuk membantunya membuat kesan yang baik tentang sekolah.

"Orangtua harus memperkuat gagasan bahwa sekolah itu ada sehingga anak dapat belajar, dan guru membantu anak-anak belajar bahkan jika mereka tidak sempurna setiap saat," kata Berger.

"Saat memahami bahwa mungkin ada gangguan kecil (anak nakal) di sekolah, orangtua seharusnya mendorong tujuan belajar anak. Ini akan membantu anak untuk betah belajar di dalam kelas," tukasnya.

Tujuan dicapai

Terkadang, anak-anak merasa minder dengan menganggap bahwa sekolah hanya untuk anak berintelektual tinggi, dan cara mendapatkan kesan dari guru adalah dengan nilai sempurna. Sebagai orangtua, Anda dapat menghilangkan prasangka tersebut dengan motivasi dan informasi yang benar.

"Orangtua bisa memperkuat gagasan bahwa guru mencintai anak jenius matematika, tapi tidak setiap anak jenius matematika, jadi guru lebih mencintai seorang anak yang baik, membantu, serta berempati dengan guru dan murid lainnya di dalam kelas," kata Berger.

Rasa hormat

Cara terbaik untuk anak Anda membuat kesan yang baik adalah dengan menunjukkan rasa hormat kepada gurunya. Konsep ini cenderung mudah dikomunikasikan kepada anak-anak pada berbagai tingkatan usia.

"Menjadi murid yang baik butuh upaya keras dan disiplin diri, sangat berbeda dengan menjadi murid yang jenius matematika," kata Berger.

Pada saat yang sama, biarkan mereka tahu manfaatnya juga. "Dengan menjadi murid yang baik, siswa tidak hanya 'membuat kesan yang baik', tapi secara aktif membantu guru akan berbuah rasa penghargaan," tukasnya. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Daftar Keinginan Pria pada Wanita