2014, 2 Proyek Antam Rampung

Kamis, 2 September 2010 - 11:11 wib | Widi Agustian - Okezone

Direktur Utama Antam Alwinsyah Lubis. Foto: Koran SI Direktur Utama Antam Alwinsyah Lubis. Foto: Koran SI JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menuturkan jika dua proyeknya ditargetkan selesai pada 2014, yakni chemical grade alumina (CGA) Tayan, dan smelter grade alumina (SGA) di Mempawah, Kalimantan Barat.

Direktur Utama ANTM Alwinsyah Lubis menuturkan jika proyek CGA ini akan selesai terlebih dahulu. "Karena proyek CGA Tayan ini sudah mulai dijalankan, kita tengah mencari pendanaan sekarang ini," imbuhnya di Jakarta, Rabu (1/9/2010) malam.

Pasalnya, pada tahun-tahun mendatang ada rencana pemerintah untuk membatasi ekspor bahan mentah. "Jadi nanti kita sudah bisa produksi," imbuhnya.

Dia menjelaskan jika nilai proyek ini adalah sebesar USD450 juta. Di mana porsi Antam di proyek tersebut adalah 80 persen, sehingga tampaknya Antam harus menyiapkan modal USD360 juta. Untuk itu, pihaknya sekarang ini sedang menjajaki pinjaman dengan JBIC.

"Utamanya itu JBIC, karena dia itu seperti IFC-nya Jepang. Hanya saja belum tahu berapa besar pinjamannya," bebernya.

Sementara, SGA Mempawah sekarang masih dalam proses studi, dan ditargetkan selesai pada tahun ini. "Nanti pada tahun depan, kita sudah bisa penjajakan dari pendanaan yang lain. Kita harapkan proyek SGA ini ini bs beroperasi nantinya paling tidak di 2014," jelasnya. (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »