Massage Atasi Payudara Besar Sebelah

|

Mom& Kiddie -

(Foto: gettyimages)

Massage Atasi Payudara Besar Sebelah
SAYA Mom dari Allin Love Shalom (2 bulan). Dulu semasa di rumah sakit - sehabis melahirkan - saya langsung menyusui Allin menggunakan payudara sebelah kiri karena alasan kenyamanan. Setelah pulang ke rumah, saya mencoba menyusui dengan payudara sebelah kanan, saling bergantian.

Awal menyusui, ASI saya banyak, baik payudara sebelah kanan atau kiri. Tapi kenapa sekarang payudara saya besar sebelah ya (bagian kanan) dan produksi ASI juga lebih banyak di payudara bagian kanan saja? Bagaimana agar bayi saya mau menyusu di kedua payudara dan cara mengatasi agar payudara tidak besar sebelah? Terima kasih.

dr. Harini Susianna, SpOG dari Rumah Sakit Pusat Pertamina memaparkan, memang, payudara yang tidak digunakan untuk menyusui akan membesar alias membengkak sehingga terlihat lebih besar sebelah atau biasa disebut dengan asimetris. Hal ini terjadi karena sesaknya pembuluh darah di payudara yang tidak digunakan. Dengan kata lain, itu terjadi akibat pengeluaran ASI tidak lancar.

Akibat Menyusu di Satu Payudara

ASI yang menumpuk di payudara biasanya terjadi karena si kecil hanya mau menyusu di satu payudara, misalnya, di payudara kiri saja. Sementara kalau dipindah ke payudara kanan, si kecil tidak mau.

Mungkin posisi tersebut membuat ia tidak nyaman menyusu, atau ia merasa nyeri atau sakit sehingga minumnya menjadi tidak efektif pada posisi tersebut. Kalau hal ini dituruti terus dan Mom terus menyusui menggunakan payudara sebelah kiri maka payudara yang kanan pasti membengkak.

Cara Mengatasi

Untuk itu sebaiknya Mom tetap memberikan ASI dari kedua payudara agar jumlah air susu yang ada di dalamnya dapat berkurang. Sehingga dapat mengurangi pembengkakan.

Jika si kecil tidak mau menyusu pada salah satu payudara, cobalah Mom mengganti posisi tetapi bayi tetap berada di posisi yang sama. Jangan memutar kepala anak dari payudara kiri dipindah ke payudara kanan.

Kalau ia merasa nyaman menyusu di payudara kiri Ibu, berarti posisi pipi kananlah yang selalu menempel ke payudara Ibu. Geser si kecil dari payudara kiri ke payudara kanan dengan tetap pada posisi pipi yang sama masih menempel di badan Ibu. Bayi akan merasa tetap menyusu di payudara kiri Ibu padahal sebenarnya ia sudah bergeser ke payudara kanan. Bagilah waktu menyusui yang sama untuk kedua payudara.

Lakukan Massage

Jika payudara sudah telanjur membengkak, Ibu dapat melakukan massage pada payudara tersebut dengan mengoleskan baby oil. Urutlah payudara menggunakan kedua tangan mengelilingi payudara, kemudian dari pangkal payudara ke arah puting. Selanjutnya, kompres payudara dengan lap handuk yang telah direndam dalam air hangat. Setelah itu, ganti mengompres payudara dengan lap yang telah direndam air dingin. Lakukan berkisar 15 menit.

Perlu diingat, selama membengkak, payudara tersebut harus tetap sering disusukan ke bayi. Jika tidak disusukan - misalnya karena bayi menolak - maka payudara yang bengkak dapat dikosongkan dengan cara dipompa hingga ASI-nya habis. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    ''Sedih, Banyak Turis Indonesia di Singapura''