Ketika Ada Benjolan di Mulut Rahim

|

-

(Foto: gettyimages)

Ketika Ada Benjolan di Mulut Rahim
SAYA didiagnosa dokter mempunyai polip serviks. Saya ingin mengetahui lebih jauh tentang polip serviks ini. Apa penyebab timbulnya polip serviks? Apakah berbahaya?

Bagaimana pengaruhnya terhadap kondisi kesehatan reproduksi saya? Lalu bagaimana pula untuk penanganan dan pencegahannya? Terima kasih.

Trianda Adhi-Magelang

Jawab:


dr. Dyah Irawati, SpOG dari Rumah Sakit Ibu dan Anak YPK Mandiri memaparkan, polip serviks (cervical polyp) adalah pertumbuhan jaringan serviks (stroma) yang berlebihan sehingga tampak sebagai benjolan berwarna merah, bertangkai, yang menjulur keluar dari serviks. Benjolan dapat berukuran beberapa mm hingga beberapa cm yang biasanya tampak saat dilakukan pemeriksaan dalam. Polip serviks termasuk kelainan jinak yang sering ditemukan.

Penyebab

Penyebab timbulnya polip serviks belum diketahui dengan pasti. Namun sering dihubungkan dengan radang yang kronis, respon terhadap hormon estrogen dan pelebaran pembuluh darah serviks.

Sebagian Besar Tidak Bergejala

Sebagian besar pasien dengan polip seviks tidak memiliki gejala. Jika bergejala, bisa berupa perdarahan di luar siklus haid, perdarahan pascasenggama dan keputihan. Polip yang besar dan multipel dapat memengaruhi fertilitas.

Pengobatan

Cara pengobatannya adalah dengan mengangkat polip tersebut. Jika ukuran polip tidak besar, prosedur pengangkatan polip dapat dilakukan di tempat praktek dokter tanpa anestesi (pembiusan) dan hanya memerlukan waktu sebentar saja.
Jika polip terinfeksi, diperlukan pemberian antibiotika. Setelah pengangkatan polip, jaga agar tidak terjadi peradangan pada serviks, misalnya dengan segera berobat jika timbul keputihan.

Sebanyak 99 persen kasus polip serviks adalah jinak, hanya 1 persen yang berubah menjadi ganas. Walau begitu perlu diwaspadai, kadang-kadang kanker dapat berbentuk menyerupai polip. Sehingga jika dijumpai polip sebaiknya diangkat dan dilakukan pemeriksaan histopatologi - pemeriksaan mikroskopik pada salah satu bagian jaringan. (Sumber: Tabloid Mom & Kiddie) (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Menu Diet yang Bikin Kenyang Tahan Lama