Sukses Diet, Makan 3 Kali Sehari

|

Dwi Indah Nurcahyani - Okezone

(Foto: gettyimages)

Sukses Diet, Makan 3 Kali Sehari
KETIMBANG bersusah payah melakukan diet ketat dan tak menampakkan hasil, lakukan saja cara sederhana. Mudah saja, Anda cukup makan tiga kali sehari secara teratur.

Apakah Anda dilanda kesulitan untuk menurunkan berat  badan meski diet telah dijalankan dengan patuh? Coba saja mengubah pola diet menjadi makan teratur dengan asupan sehat tiga kali sehari.

Sebuah studi baru AS mengungkapkan bahwa makan tiga kali sehari adalah strategi efektif untuk membakar lemak daripada makan dalam porsi mini. Peneliti dari Purdue University di Indiana tersebut mengungkapkan, pria obesitas dengan asupan kalori tinggi tidak lagi sering dilanda lapar ketika mereka makan tiga kali sehari dan bukan enam kali sehari.

Memang, ada persepsi luas yang mengatakan bahwa diet terbaik adalah makan sedikit dengan frekuensi sering. “Ini bukan sekadar membincangkan porsi makan mini. Mengendalikan nafsu makan lebih bermanfaat dan efektif ketimbang itu semua,” kata Heather Leidy, peneliti utama, seperti dikutip Times of India, Senin (2/5/2011).

Guna mendapatkan kesimpulan penelitian, para peneliti secara acak meminta 27 pria obesitas untuk diet tinggi protein atau diet normal protein selama 12 pekan. Mereka diberi kesempatan untuk makan tiap lima jam atau makan enam makanan setiap dua jam selama tiga hari berturut-turut. Para peserta studi kemudian beralih ke pola makan lainnya untuk tiga hari berturut-turut sebagai tambahan.

Dari sana diketahui bahwa frekuensi makan ternyata tidak memengaruhi nafsu makan pada pria yang menjalani diet normal protein. Justru, para peneliti menemukannya pada pria dalam kelompok tinggi protein di mana mereka merasa tercukupi kalori di malam hari serta larut malam setelah makan tiga kali sehari.

“Kami ingin orang tahu bahwa ini bukanlah diet gaya Atkins. Dalam tipe diet ini, Anda masih mendapatkan cukup serat lewat asupan buah dan sayur-sayuran,” tegas Leidy.
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Perempuan Harus Pandai Merawat Badan