Wanita, Minum Alkohol 1 Gelas Sehari Bebas Serangan Jantung

Rabu, 8 Juni 2011 - 10:04 wib | Chaerunnisa - Okezone

Wanita, Minum Alkohol 1 Gelas Sehari Bebas Serangan Jantung Minum satu gelas sehari bebas serangan jantung. (Foto: Getty Images) MENGONSUMSI alkohol dalam jumlah banyak berbahaya bagi kesehatan, terutama jantung. Bahkan bukan tak mungkin akan membuat Anda lebih cepat mengakhiri hidup. Namun menurut penelitian terbaru, minum alkohol dalam jumlah sedikit justru lebih menurunkan risiko mengidap penyakit jantung.

Laporan masalah ini telah disajikan pada konferensi tahunan American Heart Association di Chicago.

"Menurut statistik, tidak minum (alkohol) sama sekali lebih berbahaya daripada minum dalam jumlah kecil," kata ahli dari kardiologi perempuan di Mayo Clinic Sharon Hayes yang dikutip dari Genius Beauty, Rabu (8/6/2011).

Dengan demikian, pria peminum, yang menjalani operasi bypass koroner, memiliki risiko 25 persen lebih rendah menderita serangan jantung daripada mereka yang tidak minum alkohol.

Statistik Comparable juga diamati pada wanita. Satu-satunya perbedaan menyebutkan, bahwa mereka umumnya kurang kemungkinan menderita penyakit jantung. Microdoses dalam kandungan alkohol memperkuat pembuluh darah, pada khususnya di otak, dan mencegah perkembangan awal demensia.

Namun dalam kasus menggunakan lebih dari lima porsi alkohol, risiko penyakit dan kematian dari mereka meningkat. Para dokter menegaskan, bahwa wanita bisa minum satu gelas anggur merah sehari, dan laki-laki tidak lebih dari dua gelas.
 
"Sedang penggunaan alkohol dapat disebut salah satu kunci untuk menjaga kesehatan sepanjang hidup," kata Dr Erin Mihos di Johns Hopkins University.

Namun jika Anda takut akan kecanduan, lebih baik untuk menghindari alkohol. "Jika Anda tidak minum, lebih baik tidak untuk memulainya," tutup Erin Mihos.
(nsa)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »