12 Penyebab Sakit Kepala

|

Chaerunnisa - Okezone

Penyebab sakit kepala. (Foto: Getty Images)

12 Penyebab Sakit Kepala
ADA dua kabar yang bisa Anda ketahui seputar sakit kepala. Kabar baiknya, makanan yang lezat, cuaca panas, bahkan kolega, atau atasan bisa menyebabkan sakit kepala. Sementara kabar buruknya, risiko serangan sakit kepala dapat dikurangi.

Apa penyebab sakit kepala dan bagaimana cara menyembuhkannya? Genius Beauty mengulas hal tersebut untuk Anda.

Stres sebabkan migrain

Apapun yang meningkatkan stres dapat menyebabkan sakit kepala yang memberikan ketegangan atau migrain. Sakit kepala berhubungan dengan peningkatan sensitivitas jalur saraf di otak, yang  mentransfer rasa sakit.

Migrain menyebabkan pelepasan bahan kimia yang melebarkan pembuluh darah, bahkan memicu reaksi peradangan. Ini diwujudkan dalam kasus migrain.

Cuaca panas dan sakit kepala

Studi statistik telah menunjukkan, bahwa sakit kepala lebih sering terjadi dalam cuaca panas. Dengan peningkatan suhu selama lima derajat, risiko sakit kepala meningkat sebanyak 7,5 persen. Tekanan darah rendah yang disebabkan karena kehujanan juga menimbulkan ketegangan dan sakit kepala.

Bau dan sakit kepala

Aroma yang kuat -bahkan menyenangkan- dapat menyebabkan serangan migrain. Mengapa hal ini terjadi, tidak jelas penyebabnya. Aroma dapat merangsang sistem syaraf. Paling sering ialah cat, parfum, dan beberapa bunga menjadi sumber aroma yang berbahaya.

Aktivitas fisik sebabkan sakit kepala

Latihan fisik secara intens -seperti aerobik, latihan kekuatan, bahkan seks- dapat menyebabkan sakit kepala. Upaya fisik membuat pembuluh kepala dan leher "mengembang". Hal ini menciptakan tekanan tambahan dan sakit kepala.

Kebiasaan buruk penyebab sakit kepala

Kondisi tegang selama latihan fisik di gym tidak diperlukan untuk mendapatkan sakit kepala. Posisi bungkuk dan duduk di kursi yang buruk, terlalu rendah, monitor yang tinggi atau kebiasaan memegang telepon antara telinga dan bahu, semua ini juga berkontribusi untuk menimbulkan sakit kepala.

Makan keju bikin migrain

Brie, cheddar, feta, parmesan, mozzarella, semua jenis keju mengandung zat yang disebut tyramine yang menimbulkan sakit kepala, terutama migrain. Semakin lama keju, maka semakin memiliki kandungan tyramine, dan semakin tinggi risikonya.

Anggur merah sebabkan sakit kepala

Tyramine juga ditemukan dalam anggur merah, dan beberapa minuman beralkohol lainnya. Selain itu, alkohol membuat aliran darah ke kepala, dan dapat memperburuk rasa sakit.

Makan daging merah sebabkan sakit kepala

Potongan daging merah yang lezat juga mengandung tyramine, meskipun dalam jumlah yang lebih kecil. Selain tyramine, daging juga mengandung bahan tambahan makanan sintetis, nitrat atau nitrit -untuk warna dan sebagainya- yang dapat menyebabkan aliran darah ke kepala di antara beberapa orang.

Nyeri ini biasanya dirasakan pada kedua sisi kepala. Sedangkan dalam kasus klasik migrain dirasakan pada satu sisi.

Kelaparan sebabkan sakit kepala

Jika Anda telah melewatkan makan siang atau makan malam, sakit kepala bisa menyiksa Anda bahkan sebelum Anda merasa lapar. Namun, berisiko untuk menyingkirkan rasa sakit dengan bantuan cokelat atau kue, permen akan menyebabkan peningkatan tajam dalam gula darah, bahkan penurunan yang lebih tajam, yaitu rasa yang lebih akut karena kelaparan.

Merokok dan sakit kepala

Merokok merupakan penyebab terhebat untuk timbulkan sakit kepala. Sakit kepala tidak hanya diderita si perokok, melainkan orang-orang di sekelilingnya. Nikotin menyempitkan pembuluh darah, termasuk otak, yang juga dapat menyebabkan rasa sakit. 

Terlalu banyak kopi sebabkan sakit kepala

Bagi orang yang menderita sakit kepala, kopi sering termasuk dalam kategori "tidak bisa hidup tanpa itu, dan tidak bisa hidup dengan baik".

Dalam jumlah sedang, kafein bahkan berguna. Diketahui bahwa itu adalah bagian dari beberapa obat untuk sakit kepala. Tetapi jika Anda minum cangkir setelah cangkir, itu menghasilkan efek sebaliknya.

Namun ketika kekasih tiba-tiba memutuskan untuk memberikan kopi, hal itu mungkin menjadi alasan baru yang sebabkan sakit kepala. Orang harus kembali ke dosis yang sehat optimal sangat hati-hati dan bertahap.

Terlalu banyak konsumsi obat pereda sakit kepala

Jika Anda sering mengalami sakit kepala, maka perlu untuk mengetahui penyebabnya. Untuk itu, Anda harus membuat semacam buku harian dan catatan kapan dan dalam keadaan apa sakit kepala muncul, apa makanan yang dimakan pada waktu itu. Pijat, peregangan, makan sehat, dan istirahat yang cukup sangat membantu untuk menyingkirkan sakit kepala. 

Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan ialah mengonsumsi terlalu banyak obat untuk sakit kepala. Namun jika rasa sakit masih kuat dan muncul secara teratur, maka Anda harus menemui dokter. Setiap rasa sakit adalah sinyal bahwa perlu untuk mengobatinya. (nsa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mi & Bakso Jadi Menu Favorit Istri Raffi