Gubug Udang, Resto Parahyangan Bernuansa Alam

|

SINDO -

Udang bakar madu (Foto: flickr)

Gubug Udang, Resto Parahyangan Bernuansa Alam
MASAKAN Sunda dibuat dengan cita rasa orisinal warisan nenek moyang, lalu disajikan di restoran yang menampilkan nuansa alam. Hmm...siapa yang tak mau merasakannya.

Masakan lezat berpadu dengan musik Sunda dan nuansa alam bisa Anda temukan di Gubug Udang Situ Cibubur, Jakarta Timur. Rumah makan yang beroperasi sejak 15 Mei 2011 ini memang menyajikan konsep yang sangat cocok buat penyuka makanan asal Tanah Parahyangan.

Dimiliki oleh Santoso dan Sodikin, Gubug Udang memilih tema tata ruang dan bangunan berupa gubuk atau saung yang dapat memunculkan atmosfer yang sejuk alami dengan pemandangan taman, kolam ikan,dan Situ Cibubur yang indah juga asri.

“Gubuk kami pilih karena sangat mencirikan Sunda,” tandas Manajer Gubug Udang Situ Cibubur Indra Ajianto.

Sebanyak 19 gubuk dibangun di sini. Setiap gubuk memiliki kapasitas yang tidak sama. Ada yang memuat 10 orang, ada juga yang bisa menampung 40 orang dalam satu gubuk. Selain gubuk, rumah makan ini juga menyediakan ruang makan konvensional, lengkap dengan bangku dan mejanya. Tiap ruang lagi-lagi berbeda daya kapasitasnya.

Hanya, secara total, Gubug Udang Situ Cibubur dapat menampung hingga 600 orang. Yang pasti, semua gubuk yang terdapat di atas lahan seluas 6.000 meter persegi ini memiliki view yang cantik.

Sebagian besar gubuk dibangun menghadap ke danau. Selain itu, di depan gubuk juga disediakan teras kecil yang terbuat dari bambu untuk menikmati pemandangan danau serta ikan-ikan yang ada di dalam kolam.

Mengenai nama belakang restoran yang terletak di Bumi Perkemahan & Graha Wisata Pramuka Cibubur ini, yakni udang, dipilih lantaran olahan dari bahan baku tersebut, utamanya udang bakar madu, dianggap sebagai menu unggulan. Pengelola restoran ingin pencinta kuliner mengingat tempat makan ini sebagai penyedia hidangan udang yang tak terlupakan rasanya.

“Jadi, jika seseorang ingin menyantap udang, maka yang ada di pikirannya adalah udang bakar madu di Gubug Udang Situ Cibubur,” imbuh Indra.

Udang bakar madu memang menjadi menu unggulan sekaligus favorit pengunjung Gudug Udang.Tiap kali datang ke sini, hampir semua pengunjung Gubug Udang memesan menu yang disajikan dengan cara ditusuk seperti sate ini.

Untuk mengolahnya, udang yang telah dibumbui dibakar dan dilumuri madu. Satu tusuk berisi empat ekor udang. Sesuai dengan bumbunya yang dibalut madu, cita rasa menu ini pasti sudah bisa ditebak. Namun, untuk memperkaya rasa, menu ini lazim disandingkan dengan sambal terasi. Rasanya lezat dan mantap.

“Selain rasanya enak, udang juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan,” kata Indra.

Selain udang bakar madu, Gubug Udang juga punya beragam olahan gurame. Salah satunya gurame cobek. Sesuai dengan namanya, rasa gurame cobek sangat pedas dan cocok untuk Anda yang memang suka masakan pedas. Kepiting saus padang, cumi saus tiram, dan ikan kerapu adalah menu seafood lain yang bisa Anda coba di sini. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Andra "Bagindas" Rindu Bakso Malang