7 Masalah Payudara & Solusinya

Senin, 4 Juli 2011 - 11:01 wib | Fitri Yulianti - Okezone

(Foto: gettyimages) (Foto: gettyimages) PERNAH merasa payudara Anda seperti tidak normal? Kenali teman dekat Anda ini lalu ketahui mana yang normal dan tidak.

Jika payudara Anda sering gatal, bahkan ketika di depan publik, rasanya pasti malu dan Anda mulai bertanya-tanya adakah masalah kesehatan dengannya. Anda tidak sendirian, karena nyatanya banyak wanita memiliki masalah seputar payudara, seperti diulas Cosmopolitan.

Ukuran payudara berbeda

Sebenarnya, tidak seorang pun memiliki sepasang payudara yang sempurna dan sama. Namun memang, sejumlah kecil wanita memiliki ukuran payudara yang jelas tidak seimbang.

“Siasati dengan membeli bra yang sesuai dengan payudara yang lebih besar ketimbang memasukkan busa atau gel silikon-pad ke dalam cup bra yang kecil,” saran Christiane Northrup, obgyn dan penulis Women's Bodies, Women's Wisdom.

“Sebuah solusi yang lebih permanen adalah operasi plastik. Dengan operasi plastik, Anda dapat mengurangi payudara yang lebih besar, menempatkan implan di payudara yang lebih kecil, atau memperbesar keduanya," kata Andrew Da Lio, profesor operasi plastik dan ahli bedah di David Geffen School of Medicine di UCLA.

Payudara kerap gatal

Pertama, oleskan body lotion setelah Anda mandi. Ini akan menjaga kulit tetap lembap, yang mengurangi kekeringan akibat gatal. Berikutnya, cari bra dengan bahan microfiber yang memungkinkan kulit bisa bernapas dan mengurangi iritasi.

Gatal ditambah kemerahan dapat menjadi tanda alergi kulit. Gantilah merek deterjen dan sabun Anda, lalu lihat adakah perbedaannya.

Masalahnya juga bisa akibat infeksi jamur kulit, maka oleskanlah krim antijamur untuk membunuh jamur. Tetapi jika luka pada puting tidak sembuh juga, konsultasikan ke dokter. Hal ini bisa menunjukkan bentuk yang sangat jarang dari kanker payudara.

Bentuk payudara seperti kerucut

Seperti wajah dan tubuh, payudara pun punya bentuk berbeda. Memang ada operasi plastik sebagai salah satu solusi permanen, tapi bila khawatir efek jaringan parut, Anda bisa berinvestasi pada bra yang tepat.

"Pilihlah bra berkontur empuk yang akan memerbaiki bentuknya dengan mendorong atau membuat belahan dada. Ini dapat menutupi masalah ketidaknyamanan Anda dengan bentuk payudara," kata Christiane.

Untuk payudara berbentuk kerucut, cobalah bentuk bra yang membuat payudara terlihat seperti bola kembar.

Areola terlalu besar dan gelap

Areola seperti bercak kulit gelap yang mengelilingi puting payudara. Penampilannya juga cenderung bervariasi. Sebagian berwarna merah muda, sebagian merah, sebagian cokelat, dan sebagian lain hampir hitam.

"Makin gelap warna kulit, akan semakin gelap areola Anda," kata Dr Christiane.

Hormon-hormon kehamilan juga mengubahnya lebih gelap, dan mungkin tetap seperti itu setelah Anda melahirkan. Sekali lagi, ada jenis operasi plastik untuk pengurangan areola, tetapi bukan tanpa efek samping seperti bekas luka dan mungkin masalah menyusui.

Payudara bengkak dan nyeri ketika disentuh

“Payudara bengkak dan nyeri biasanya terjadi selama sepekan menjelang haid, terutama jika Anda memiliki penyakit payudara fibrokistik, suatu kondisi yang dipicu oleh perubahan hormon yang menyebabkan payudara membengkak dan sakit,” kata Miriam Greene, MD, asisten profesor klinis obgyin di NYU School of Medicine.

Kurangi konsumsi kafein sebelum menstruasi karena dapat menahan cairan dan membantu mengurangi pembengkakan. Perhatikan juga asupan garam.

Namun jika Anda mendeteksi benjolan di luar siklus haid, konsultasikan ke DSOG. Ini jarang terjadi dan mungkin menandakan kanker payudara.

Ada stretch mark di payudara

Stretch mark adalah garis-garis merah atau keputihan yang tipis dan sering muncul ketika kulit payudara kembali kendur setelah membentang oleh lonjakan pertumbuhan, seperti selama pubertas, kehamilan, atau kenaikan berat badan. Kebanyakan wanita mendapatkannya, tapi tergantung pada elastisitas kulit dan genetika Anda.

Kabar buruknya, stretch mark tidak bisa hilang, meskipun penelitian menyebutkan bahwa memakai krim Retin-A setiap hari selama beberapa bulan akan membantu mengurangi kemerahan. Untungnya, ini akan memudar warnanya mendekati warna pigmen kulit Anda, selama bertahun-tahun.

Payudara menyembul

Payudara Anda mungkin secara proporsional lebih besar dari tubuh Anda, maka carilah atasan yang sesuai dengan tubuh, bukan payudara Anda. Mengancingkan baju hingga bawah bukanlah pilihan terbaik, jadi pilih gaya penampilan yang menyiasati bentuk payudara. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »