Cadangan Devisa RI Kalah Jauh dari Negara-Negara ASEAN

Selasa, 19 Juli 2011 - 17:42 wib | Idris Rusadi Putra - Okezone

ilustrasi Foto: Corbis ilustrasi Foto: Corbis JAKARTA - Posisi cadangan devisa Indonesia yang mencapai USD119,5 miliar ternyata masih kalah dari cadangan devisa negara Singapura yang negaranya tergolong kecil.

"Posisi cadangan devisa kita USD119,5 miliar. Di waktu bersamaan, cadangan devisa Singapura sebesar USD242 miliar," ujar Kabiro Humas BI Difi A Johansyah, di Gedung BI, Jakarta, Selasa (19/7/2011).

Lebih lanjut Difi menjelaskan tingginya cadangan devisa di Negara Singapura ini dikarenakan Singapura mengandalkan pasar keuangan dalam perekonomian. "Singapura kan mengandalkan pasar keuangan, termasuk Hong Kong juga," tambahnya.

Sedangkan untuk posisi cadangan devisa negara Malaysia juga tergolong tinggi dari cadangan devisa Indonesia yang mencapai USD128,3 miliar. "Kalau Malaysia USD128,3 miliar," ungkapnya.

Posisi cadangan devisa Indonesia yang diklaim terus meningkat ini, ternyata juga masih kalah dari cadangan devisa negara Thailand. Cadangan devisa Indonesia hanya lebih tinggi dari cadangan devisa Filipina. "Cadangan devisa Thailand USD176 miliar, sedangkan Philipina cuma USD69 miliar," pungkasnya. (and)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »