Kerawang, Kain Cantik Khas Gorontalo

Minggu, 24 Juli 2011 - 14:48 wib | Pasha Ernowo - Okezone

(Foto: kainkarawang.blogspot)

Kerawang, Kain Cantik Khas Gorontalo
BICARA kain kerajinan, Jawa punya batik, Palembang miliki songket, Gorontalo pun tak mau kalah. Provinsi ini punya sulaman kain Kerawang. Adakah kaitannya dengan Karawang, Jawa Barat?

Ternyata, kerawang yang dimaksud itu berasal dari kata "Karawo" yang artinya sulaman dengan tangan. Kerajinan ini berkembang sejak lama dan kini sudah menjadi sentra kerajinan khas Gorontalo. Bahkan sulaman kain kerawang kerap dijadikan baju seragam para jemaah haji dari Gorontalo.

Proses membuat sulaman kain kerawang cukup rumit. Terlebih dulu membuat desain sulaman di kertas milimeter blok. Kernudian, kain dipotong sesuai ukuran. Lapisan kain dibuka benang-benangnya untuk ruang sulaman. Ukurannya sesuai jenis kain yang dipakai dan besar motifnya. Setelah itu kain langsung disulam.

Sulaman berbagai bentuk diburat dengan menggunakan alat pamedangan, silet, gunting, dan benang bermacam warna. Motif sulaman bermacam, terutama aneka bunga dan hewan seperti tulip, mawar, dan kupu-kupu. Ada juga motif lambang perusahaan sesuai pesanan konsumen.

Sehelai sulaman kain kerawang rampung selama satu minggu hingga satu bulan bahkan lebih. Lama pengerjaan sesuai dengan jenis kain, benang, dan motifnya. Kain berkualitas terbaik dengan menggunakan benang emas dan motif yang rumit memerlukan waktu lebih lama. Harganya juga sangat bervariasi. Untuk kain dan baju perempuan mulai Rp125 ribu sampai Rp250 ribu, terutama yang menggunakan benang emas. Sedangkan untuk baju pria, terdiri dari jas wool seharga Rp400 ribu, jas biasa Rp150 ribu, dan kemeja antara Rp50 ribu sampai Rp75 ribu.

Selain sulaman kain dan baju, dihasilkan pula berbagai macam barang yang dihiasi sulaman kain kerawang, seperti tas, sapu tangan, dasi, kopiah, taplak meja, sprei, tatakan gelas, topi bahan rotan, mukena, dan kipas. Semuanya bisa jadi oleh-oleh menarik sepulang dari Gorontalo. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Busana Tepat bagi si Tubuh Gemuk