Wisata Murah, Ngabuburit di Pinggir Danau

|

Pasha Ernowo - Okezone

Setu Babakan (foto: Pasha Ernowo/Okezone)

Wisata Murah, Ngabuburit di Pinggir Danau
DUIT cekak tapi ingin tetap berwisata di Jakarta. Jangan khawatir, karena di Ibu Kota masih banyak tempat-tempat wisata yang cukup murah dan tidak menguras kantong.

Salah satu jenis wisata murah yang terdapat di Jakarta adalah wisata danau. Tanpa merogoh kocek terlalu dalam, Anda bisa mengajak keluarga atau orang tersayang untuk menghabiskan waktu bersama.

Berikut beberapa danau di Jakarta yang bisa Anda kunjungi:

Setu Babakan
Dari selatan Jakarta, salah satu wisata alternatif warga Jakarta adalah Setu Babakan. Setu ini terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pada tahun 2004, bersamaan dengan HUT DKI yang ke-474 daerah sekitar situ dijadikan . Pusat Perkampungan Betawi. Daerah cagar budaya ini meliputi 165 hektar, terdiri dari Kebun Rakyat, perkampungan masyarakat Betawi serta kedua danau yang mengapit perkampungan ini.

Lingkungan alam yang sejuk dengan pepohonan rindang serta aneka tanaman buah dan tanaman hijau yang mengilingi desa merupakan tempat yang cocok untuk beristirahat. Situ ini juga dimanfaatkan banyak pengunjung untuk memancing di pinggir situ. Selain itu, letaknya dekat dengan Jakarta, dengan suasananya sudah hijau.

Ada wisata sepeda air. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.)0 ribu untuk satu putaran. Akan lebih asyik bersepeda bersama keluarga atau pasangannya. Banyak keluarga membawa anak-anak mereka bersepeda air keliling situ.

Bagaimana dengan wisata kulinernya, apakah di sini terdapat kuliner yang menarik dan menggugah selera? Jangan salah, di sini tersedia banyak penjual menjajakan makanan khas Betawi, antara lain Kerak telur, Toge Goreng, siomay, Soo Betawi, Ketoprak, Ketupat Sayur, Bakso, Laksa, gulali, Mie Ayam, Bir Pletok. Nasi Uduk, Kue Ape dan lain-lain.

Danau Srengseng
Sementara dari bagian barat. Danau Srengseng rasanya patut menjadi pilihan utama wisata danau di jakarta. Seiring menjamurnya pembangunan infrastruktur kota, membuat sebagian orang menilai negatif soal ketersediaan ruang terbuka hijau di tengah kota Jakarta. Karena itu, tak mustahil jika keberadaan danau ini tidak bisa dilupakan begitu saja oleh penduduk kota Jakarta. Pasalnya, selain terdapat danau yang indah juga terdapat hutan kota yang mengelilinginya. Dengan area seluas 15,3 hektar itu bisa menjadi pilihan alternatif keluarga untuk mengisi libur akhir pekan.

Hutan kota dengan ribuan pohon yang terdiri dari 63 jenis tanaman itu, dibangun pada 1993 pada era kepemimpinan Gubernur R Suprapto. Dan ketika itu Walikota Jakarta Barat dijabat oleh Eddy Ruchyat. Tapi sayang, hingga saat in! yang mengunjungi hutan kota Srengseng masih sebatas warga di Jakarta Barat saja, khususnya anak-anak sekolah, pemuda-pemudi yang memadu kasih dan segelintir warga di Kecamatan Kembangan saja

Danau Sunter
Di kawasan Utara Jakarta, Anda bisa melepas indahnya sore dengan berperahu di tengah danau. Ya, itulah Danau Sunter yang terletak di Jl Danau Sunter Selatan. Di areal seluas 15 hektar ini, Anda bisa menyewa perahu bebek yang disediakan pengelola Danau Sunter. Harga sewa satu perahu Rp 10 ribu per 30 menit. Sedangkan pada libur akhir pekan harga sewa satu perahu Rp 10 ribu per 20 menit. Penyewaan ini dibuka mulai pukul 07.00-23.00. Kehadiran perahu bebek di Danau Sunter ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Sebab, para pengunjung bisa menikmati sejuknya suasana disertai benak air danau yang begitu menawan. Karenanya, tak heran jika sore hari kawasan ini banyak dikunjungi warga Jakarta dan sekitarnya.

Dan beberapa tahun lalu, pengelola telah menambah stok perahu yang ada menjadi 25 perahu, dan rencananya dalam waktu dekat pengelola Danau Sunter juga akan menghadirkan perahu naga. Sehingga, Danau Sunter bisa menjadi salah satu wisata kota favorit. Untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi para penyewa perahu bebek, pengelola juga menerjunkan petugas patroli air (uky)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pariwisata, Tulang Punggung Indonesia