Dekorasi Bunga Menambah Pesona Ruang

|

Koran SI - Koran SI

(Foto: gettyimages)

Dekorasi Bunga Menambah Pesona Ruang
PESONA tumbuhan bisa membantu menciptakan keindahan dekorasi ruang. Apalagi menjelang hari raya Idul Fitri, rangkaian bunga tentu mampu menghadirkan warna tersendiri di rumah Anda.

Bunga yang cantik mampu menghadirkan keindahan dekorasi pada ruangan. Anda bisa meletakkannya di atas meja ruang tamu, ditempatkan di sudut kamar, atau sebagai hiasan lain. Apalagi jika Anda menampilkan bunga sungguhan, bukan plastik.Anda dapat melakukannya dengan menjejali berbagai jenis bunga dalam satu wadah, atau bisa juga dengan disisipkan bersama aneka dedaunan. Pasti warna yang segar akan langsung bisa Anda rasakan.

Selain untuk menghias bagian luar rumah, bunga juga bagus dipergunakan sebagai elemen dekorasi di bagian dalam rumah. Menghias interior atau ruang bagian dalam rumah dengan bunga bisa menciptakan keindahan, sekaligus menyemarakkan hunian berikut suasana hati penghuninya.

Beragam jenis bunga saat ini bisa Anda temukan di pasaran. Ada yang impor maupun lokal. Namun, bukan berarti bunga dari kebun sendiri tidak bisa Anda gunakan sebagai penghias ruangan.Anda dapat merangkai bunga tersebut supaya indah dilihat dan terpancar dari bunga itu sendiri tanpa Anda harus menggunakan jasa florist decoration.

“Yang diperlukan guna merangkai bunga untuk dekorasi adalah kemauan dan keberanian berkreasi dalam memilih wadah seperti vas, bunga, daun, dan ranting segar.Warna bunga juga dapat memengaruhi suasana ruangan,” kata arsitek Wisnu Brata.

Warna pada bunga juga bisa memengaruhi psikologi seseorang. Sebaiknya pikirkan kembali suasana ruang yang ingin Anda ciptakan agar dampak warna bunga tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap mood Anda menjadi baik. Bila Anda menginginkan kehadiran bunga berwarna merah, maka warna tersebut akan membuat suasana rumah semakin menggairahkan, menghangatkan tubuh, dan meningkatkan detak jantung dan jalannya pernapasan.

Bunga warna merah seperti mawar bisa menjadi hiasan manis dan romantis di kamar tidur. Sementara kehadiran bunga berwarna kuning bisa menjadi sumber energi tersendiri sehingga mampu menstimulasi ingatan dan meningkatkan spirit Anda beserta keluarga.

Bunga anggrek bulan berwarna kuning, sangat pas diletakkan di ruang keluarga ataupun sebagai penghias di ruang kerja. Dengan kehadirannya, pasti kegiatan berkumpul bersama keluarga ataupun bekerja tidak lagi terasa monoton.

“Tampilan warna hijau atau ungu ternyata bisa membantu menciptakan keseimbangan, ketenangan, dan mengatasi rasa depresi. Bunga anggrek ataupun tulip yang berwarna ungu bisa diletakkan di area depan sebagai penetralisir ruangan,” tambah Wisnu.

Jika Anda ingin warna yang lebih lembut atau sedikit kalem, biru bisa menjadi pilihan yang tepat karena warna tersebut memiliki efek meningkatkan refleksi dan meredakan stres. Sementara untuk memberi semangat dan meredakan rasa lelah, pilihlah bunga berwarna oranye.

Warna merah muda juga bisa memberikan ketenangan dan membebaskan Anda dari rasa marah. Sementara warna putih yang merupakan lambang kesucian, ternyata bisa juga memberi ketenangan di dalam hati Anda. Bunga anggrek putih bisa dijadikan pilihan yang pas untuk dihadirkan di ruang tamu pada saat Lebaran.

Lambang putih yang suci dapat menciptakan suasana yang semakin fitri ketika Anda bersilaturahmi. Bunga anggrek putih boleh Anda letakkan di sisi meja bagian pojok dekat sofa. Anda sebetulnya tidak hanya bisa terpaku pada tanaman hias seperti bunga mawar.

Masih ada banyak jenis tanaman hias lain yang dapat dijadikan pilihan untuk menambah keeksotikan hunian Anda dalam menyambut hari raya nanti. Namun, tak bisa dimungkiri, bunga mawar memang masih menjadi primadona di antara tanaman hias lain.Warna dan bentuknya yang cantik menjadikan bunga ini memiliki daya tarik tersendiri.

“Bunga mawar memiliki keharuman tersendiri yang bisa menggugah perasaan seseorang. Bunga ini selalu dijadikan elemen dekorasi interior ruangan yang mempunyai nilai privasi tinggi,” papar Wisnu.

Selain bunga mawar, Anda juga bisa memilih si cantik anyelir. Ketenaran bunga anyelir rupanya hampir menyamai kepopuleran bunga mawar.Bunga tersebut merupakan ekspresi dari satu perasaan yang sentimentil, kecantikan, dan memiliki keunggulan. yaitu kesegaran bunganya yang tahan lama.

“Bunga anyelir kebanyakan berwarna merah muda. Namun, ada pula yang berwarna merah, putih, kuning, dan hijau. Bentuknya bulat dengan komposisi beberapa kelopak yang menjadi daya tarik,” sebut Wisnu.

Selain bunga, hiasan seperti vas juga harus Anda persiapkan. Beragam media pun bisa ikut dihias seperti meja, dinding, lampu Chinese lampion, maupun media lain yang dapat dijadikan tambahan dekorasi yang akan membantu menciptakan keindahan di rumah Anda pada saat Lebaran. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Farishad Latjuba Hobi ke Museum