Rempah-Rempah Kering Kekuatan Makanan Arab

Jum'at, 30 September 2011 - 19:53 wib | Johan Sompotan - Okezone

Pala (Foto: Google)

Rempah-Rempah Kering Kekuatan Makanan Arab
MAKANAN Arab lebih kepada penyajian makanan menggunakan daging serta aroma kari. Ternyata, di dalam makanan tersebut terdapat banyak rempah-rempah kering dan itulah kunci kelezatan makanan Arab.
 
“Mereka banyak bermain di bumbu kering, seperti jinten, pala, cengkeh, dan kapulaga. Kalau kita lebih pada bumbu basah,” kata Chef Ragil Imam Wibowo saat ditemui usai “Diskusi Budaya Kuliner Indonesia Bersama Bango dan Obrolan Langsat” (Obsat) di Rumah Langsat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
 
Ini berbeda dengan Indonesia yang menyatukan jenis rempah-rempah kering dan basah sehingga rasanya lebih kuat.
 
“Mereka tidak mencampur dengan bumbu seperti kita, kayak cabai, merica, kemiri, bawang merah, dan itu rasa ‘light’ pada makanan Arab,” tambahnya.
 
Bukan hanya itu, warga Arab juga mengolah makanan dengan seimbang, berbeda dengan Indonesia yang kurang peduli dengan kesehatan.
 
“Kalau dalam segi kolesterol, makanan mereka lebih tinggi. Arab lebih seimbang, Indonesia seimbang tapi ada yang hilang. Semua makanan ada Yin dan Yang, dan itu kurang dipikirkan dengan baik di Indonesia,” tegasnya.
 
Chef Ragil pun memaparkan selain kekuatan pada rempah-rempah kering, Arab juga lebih condong mengolah makanan dalam jumlah besar.
 
“Lebih pada rempah-rempah dan masak dalam bentuk yang besar, masak di dalam oven, mereka jarang masak dengan jumlah sedikit,” tutupnya.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tempat Lucu Permen Lollipop