Struktur Organisasi Baru Kemenparekraf Sedang Dibahas

Rabu, 26 Oktober 2011 - 18:06 wib | Pasha Ernowo - Okezone

Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/Ist

Struktur Organisasi Baru Kemenparekraf Sedang Dibahas
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yang dulu bernama Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, kini sedang memroses susunan struktur organisasi baru. Mengingat nomenklatur kebudayaan kini dipindahkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala pindah ke Kemendikbud. Sementara itu, beberapa Direktorat yang ada dalam Direktorat Jenderal Nilai Budaya, Seni dan Film, akan dipindahkan ke Kemendikbud, dan beberapa lagi tetap di Kemenparekraf. "Ketetapan struktur dan anggaran masih digarap oleh kementerian dan lembaga terkait," kata Mari Elka, di Jakarta, Rabu (26/10/2011).

Untuk struktur organisasi baru, Kemenparekraf berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dalam konteks anggaran, masih dikoordinasikan dengan Kementerian Keuangan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bapennas), serta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Masalah anggaran ini sangat mendesak. Karena saya berharap, sektor ekonomi kreatif sudah berjalan mulai per 1 Januari 2012," katanya. Rencana Strategis Kementerian (Renstra), lanjut Mari Elka, akan selesai sebelum akhir tahun ini, agar program pariwisata dan ekonomi kreatif berjalan sinergi, dan tidak tumpang tindih.

Dalam ekonomi kreatif, ada 14 subsektor industri kreatif, meliputi periklanan, penerbitan dan percetakan, TV dan radio, film, video dan fotografi, musik, seni pertunjukan, arsitektur, desain, fesyen, kerajinan, pasar barang seni, permainan interaktif, layanan komputer dan piranti lunak serta penelitian dan pengembangan. (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Gajah Simbol Negeri Thailand