3 Penyebab Utama Orangutan Punah

|

Mutya Hanifah - Okezone

OrangUtan (homepage.mac.com)

3 Penyebab Utama Orangutan Punah
ORANGUTAN merupakan spesies asli milik Indonesia, yang populasinya tersebar di hutan hujan Pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan.

Kira-kira 70 ribu ekor orangutan terdapat di Pulau Sumatra serta 50 ribu ekor di Kalimantan.

Saat ini, jumlah populasi orangutan semakin berkurang. Mamalia terbesar yang hidup di pohon ini sudah dinyatakan sebagai hewan langka yang dilindungi pemerintah. Berikut adalah beberapa penyebab semakin berkurangnya populasi orangutan:

Deforestasi

Deforestasi adalah pengurangan hutan secara besar-besaran. Hutan ini dibabat, antara lain untuk dijadikan lahan penanaman sawit, lahan transmigrasi untuk dijadikan pemukiman warga, serta kebakaran hutan dan juga ilegal logging. Akibatnya, hutan yang menjadi rumah bagi orangutan pun semakin habis dan mengancam kelangsungan hidup hewan ini.

Perdagangan Hewan Ilegal

Bayi orangutan kerap diculik dari induknya untuk dijual lagi sebagai hewan peliharaan. penculikan bayi orangutan ini umumnya melibatkan pembunuhan induknya, sehingga setiap satu bayi orangutan yang diculik, satu induk dewasa mati.

Perburuan Liar

Orangutan banyak diburu manusia, karena memasuki wilayah perkebunan warga atau perusahaan dan mencuri makanannya sehingga dianggap hama oleh manusia. Selain itu, orangutan diburu untuk diambil tengkoraknya untuk dijual dengan harga tinggi.

Apabila faktor-faktor tersebut tidak ditindak lanjuti dengan serius, maka hanya dalam jangka waktu satu tahun tidak ada lagi orangutan yang dapat ditemukan di alam liar. Orangutan yang tersisa hanya dapat dilihat di kebun binatang.
(Dikutip dari berbagai sumber)
(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    "Pariwisata Ujung Tombak Perekonomian di Daerah"