Bagaimana Hidup Sehat Cara Hembing?

|

Fitri Yulianti - Okezone

Prof Hembing (Foto: bukabuku)

Bagaimana Hidup Sehat Cara Hembing?
BANYAK orang penasaran bagaimana pakar herbal Prof HM Hembing Wijayakusuma menjaga kesehatannya. Ternyata, gaya hidupnya sesuai yang dituliskan dalam banyak buku.

Saat tutup usia, Senin (8/8), Prof Hembing menginjak usia 71 tahun. Anda pasti setuju bila Bapak Herbal Indonesia ini pintar menjaga kesehatan; kulitnya tampak segar dan tubuhnya seperti jauh dari penyakit, seperti sering disaksikan di acara kesehatan televisi.

“Ada teman suka ketemu beliau, dia tanya, ‘Kok kulit Prof Hembing kelihatan bagus ya?’. Saya bilang kalau Prof Hembing merawat kulit di klinik kecantikan herbal milik putranya,” kata Tati Winarto, herbalis Karyasari (Pusat Pengembangan Tanaman Obat Indonesia) yang kerap bertemu Prof Hembing ketika dihubungi okezone lewat ponselnya, Selasa (9/8/2011).

“Istrinya nulis buku tentang makan sehat, Prof Hembing mempraktikkannya seperti buku soal asam urat. Pernah kan istrinya tampil di acara ‘Hidup Sehat Cara Hembing’. Sudah pasti Prof Hembing konsumsi herbal, baik Indonesia maupun China. Biasanya beliau suka beli tanaman di Karyasari,” tambah istri Ir WP Winarto, Ketua Karyasari ini.

Yama, asisten Prof Hembing selama lebih dari 10 tahun juga mengatakan bahwa Prof Hembing menerapkan pola hidup sehat, salah satunya banyak mengonsumsi sayuran. “Pola makan sehat, banyak makan sayur,” tandasnya yang dihubungi secara terpisah.

Lewat salah satu bukunya, “Olahraga Mengayunkan Tangan”, Prof Hembing sempat mengenalkan olahraga swaiso. Ini hanya olah fisik dengan mengayun-ayun tangan sebanyak 200 kali. Prof Hembing mengatakan olahraga yang berasal dari Shanghai ini setara dengan jalan kaki (medium exercise).

Sedikit buku Prof Hembing, seperti “Sehat dengan Jus”, “Tumbuhan Berkhasiat Obat di Indonesia”, “Penyembuhan dengan Terung”, “Psikoterapi Anak Autis”, "Sehat dengan Sengatan Lebah", "Sehat Menyongsong Puasa", "Sehat dengan Jus Apel", "Sehat dengan Jus Kentang", dan sebagainya. Dalam beberapa buku, ia menulisnya bersama sang istri yang juga pengobat tradisional.

Banyak orang tentu bertanya-tanya apa yang membuatnya bisa terlihat sehat hingga meninggal dunia. Tidak pernah ada kabar jatuh sakit, Yama menegaskan bahwa kecapekan menjadi penyebab kepergian Prof Hembing.

“Enggak ada keluhan penyakit, kecapekan saja. Beberapa bulan terakhir sering bolak-balik luar negeri. Sempat dibawa ke rumah sakit, tapi ya namanya usia,” tutup Yama. (ftr)

foto & video lainnya

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Enam Manfaat Sinar Matahari bagi Tubuh