1001 Manfaat Lari untuk Kesehatan

|

Gustia Martha Putri - Okezone

Lari bagus untuk kesehatan (Foto: Corbis)

1001 Manfaat Lari untuk Kesehatan
SELAIN melatih kekuatan fisik, lari juga dapat memerlancar peredaran darah. Karenanya, menjadikan lari sebagai bagian dari keseharian merupakan langkah terbaik.

Akhir pekan tiba. Suka atau tidak, sempat atau tak sempat, sangat baik jika Anda menyisihkan waktu untuk jogging. Dengan jogging ataupun berjalan cepat, hal tersebut dapat menguatkan sistem kardiovaslukar atau sistem peredaran darah dalam tubuh Anda. Bonusnya, berat badan pun menjadi terjaga.

Padatnya kegiatan sehari-hari memang kerap menyurutkan kemungkinan Anda untuk berolahraga. Bahkan ketika akhir pekan datang pun, rasa keinginan terbesar hanyalah ingin bersantai. Tapi jika Anda ingin kesehatan tetap terjaga, tak ada salahnya memulai latihan rutin dengan berlari dan berjalan kaki sejak hari ini. Inilah alasan mengapa kedua latihan ringan itu perlu dilakukan, seperti diulas Times of India.

- Semakin Anda sering memerbanyak jalan kaki atau diselingi dengan jogging, maka akan semakin meningkat pula tingkat kebugaran tubuh Anda. Inilah cara tercepat memerkuat sistem kardiovaskular.

- Olahraga ini yang paling murah, bahkan gratis. Anda hanya perlu sepasang sepatu lari, beberapa lagu dari music player, celana pendek, dan kaus oblong, Anda pun siap untuk pergi.

- Anda tidak perlu menjadi seorang pelari professional. Berjalan kaki pun sangat mudah dipelajari. Hal terpenting, pastikan postur tubuh Anda benar ketika menjalaninya.

- Dengan banyak berjalan kaki, manfaatnya tak hanya baik untuk kondisi fisik Anda, tapi juga merangsang mental secara lebih baik.

- Jika Anda merasa stres, segeralah pakai sepatu Anda dan berlarilah. Para ahli mengatakan, bahwa berjalan sangat baik untuk mengurangi tingkat stres. Ketika Anda berjalan, aktivitas tersebut membantu membersihkan kepala dari himpitan masalah yang membuat stres sehingga Anda dapat berkonsentrasi lebih baik.

- Berjalan adalah salah satu metode yang paling fleksibel dari sebuah latihan, tidak peduli di mana Anda atau berapa lama Anda melakukannya.

- Kesehatan jantung otomatis akan meningkat lebih sehat.

- Berjalan membantu Anda menurunkan berat badan, mengencangkan otot dan menyingkirkan kelebihan lemak, serta mengubahnya menjadi otot.

- Penelitian juga mengatakan bahwa hanya dengan memperbanyak melangkah kaki, gairah seks pun membaik.

- Berjalan kaki meningkatkan konsentrasi Anda karena ketika berjalan, Anda dipaksa untuk lebih berkonsentrasi.

- Daya tahan tubuh Anda pun akan lebih terbangun dengan berjalan kaki lebih banyak dan diiringi jogging. (ind) (tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Punya Perut Ramping, Ini Rahasia Syahrini