Terbaru, Operasi Jantung Bocor Tanpa Hentikan Denyut Jantung

|

Nur Syafei - Sindo TV

Ilustrasi operasi jantung (Foto: Google)

Terbaru, Operasi Jantung Bocor Tanpa Hentikan Denyut Jantung
RUMAH Sakit Umum Daerah Dr Soetomo Surabaya berhasil melakukan operasi jantung bawaan saat kondisi jantung pasien berdenyut. Para pasien penderita jantung kini tidak perlu repot berobat ke luar negeri untuk operasi jantung. Selain dekat karena rumah sakit berada di Surabaya, juga biaya operasi juga terjangkau sekira Rp30 juta. 
 
Penyakit jantung tergolong salah satu penyakit utama penyebab kematian di Indonesia.  Tim dokter jantung Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya kembali membuat gebrakan baru di dunia kesehatan. Sebuah operasi bedah jantung bawaan dengan metode tanpa menghentikan denyut jantung ditelurkan sebagai inovasi terbaru mereka dalam mengatasi pasien jantung bocor.
 
Sebelumnya dalam operasi jantung, denyut jantung dihentikan sementara waktu dan denyut digantikan dengan mesin. Namun kini tim dokter jantung Dr soetomo berhasil melakukan operasi tanpa menghentikan denyut jantung pasien.
 
Cantika, salah satu pasien penyakit jantung bocor sejak lahir ini, misalnya. Dirinya merupakan salah satu pasien yang berhasil di operasi tim dokter jantung RS Dr Soetomo dengan metode baru, yaitu tanpa menghentikan denyut jantung. Kini ia mengaku sudah bisa bernafas dengan normal dan ringan. Padahal sebelum operasi, dia mengaku cepat lelah.
 
Melalui metode inovatif tersebut, tiga pasien berhasil dioperasi dengan sukses. Mereka di antaranya Cantika Arumi Cahyaningrum (11) dan Az zahra Maulia (10) asal Surabaya, serta Dimas Wildan Multazam (5) dari Gresik.  
 
Ketiganya mengalami kelainan jantung bawaan sejak lahir. Cantika dan Zahra mengalami jantung bocor, sementara Dimas menderita jantung biru. Dengan menggunakan metode ini, risiko terjadinya kerusakan sel-sel jantung lebih kecil. Pasalnya, fungsi jantung tidak diambil alih mesin.
 
Atas keberhasilan operasi jantung ini, tim dokter jantung RS Dr Soetomo berharap bantuan dari pemerintah pusat agar segera dibangun ruang operasi khusus jantung. Pasalnya, RS Dr Soetomo kini hanya mempunyai satu ruang operasi saja. Padahal, pasien yang mengantre untuk dioperasi mencapai ratusan orang. Dengan keberhasilan operasi jantung di RS Dr Soetomo ini, kini para penderita penyakit jantung tidak perlu berobat ke luar negeri. (ind)
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Anggur Merah Ampuh Melawan Ganasnya Kanker