Kecelakaan Kapal Pesiar Terbesar Sepanjang Masa

|

Mutya Hanifah - Okezone

Kapal Titanic (Foto: factpedia-dluhansa.blogspot)

Kecelakaan Kapal Pesiar Terbesar Sepanjang Masa
BUKAN hanya Titanic atau Costa Concordia yang mengalami tragedi tenggelam dan menjadi pemberitaan besar sepanjang masa. Sebelumnya, sudah ada beberapa kecelakaan kapal pesiar yang memakan banyak korban. Apa sajakah itu?

Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip Marineinsight:

Titanic

Dianggap sebagai kecelakaan maritim terbesar sepanjang masa, Anda tak bisa membicarakan kecelakaan kapal pesiar tanpa menyebut nama Titanic. Dalam pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris menuju New York, Amerika Serikat, kapal yang sebelumnya dijuluki "kapal yang tak bisa tenggelam" ini menabrak gunung es, setelah 4 hari berlayar. Kecelakaan menewaskan 1.517 penumpang pada 1912.

SS Morro Castle

Dari semua kasus kapal pesiar terbaka, kapal SS Morro Castle mungkin yang terburuk. Kapal layar dari tahun 1930-an ini sedang dalam perjalanan menuju New York ketika terbakar. Karena kurangnya penanganan saat kebakaran, akhirnya kapal terbakar habis dan menewaskan 137 orang penumpangnya.

Royal Pacific Cruise

Pada 1992, kapal pesiar milik Yunani ini tenggelam setelah menabrak sebuah kapal nelayan akibat kurangnya daya penglihatan. Dari sejumlah 530 penumpang yang ada dalamnya, 30 tewas dan 70 orang terluka parah.

Club Royale

Kapal kasino mewah ini tenggelam akibat badai besar pada Agustus 1995. Kapal menabrak badai Erin saat berada 90 mil sebelah timur Port Canaberal, Florida. Untungnya, tidak ada penumpang di kapal ketika itu, namun hanya delapan dari 11 awak kapal yang selamat.

MV Dona Paz

Kapal ini sebenarnya bukan kapal pesiar, namun kapal ferry. Kapal tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal MT Vector di Selat Tablas, Filipina pada 20 Desember 1987. Hampir seluruh penumpangnya tewas, yaitu sekira 4.375 orang dan hanya 21 orang yang selamat. Kecelakaan ini merupakaan kecelakaan maritim terbesar sepanjang masa. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kota Tua Telah Dipasang Wifi