Pesona Kingkong di Pulau Mursala

|

Mutya Hanifah - Okezone

(Foto: wisatanesia)

Pesona Kingkong di Pulau Mursala
TITI Sjuman bersiap syuting film di Pulau Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Pada 2005, tempat ini juga menjadi lokasi syuting film Hollywood "Kingkong". Lantas, apa istimewanya Pulau Mursala?

Keindahan alam Indonesia menarik hati para pembuat film Hollywood untuk menggunakannya sebagai lokasi syuting, salah satunya film King Kong (2005). Film ini mengambil lokasi di Pulau Mursala, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatra Utara, yang menggambarkan pulau ini sebagai tempat mengerikan yang penuh hewan-hewan purba.

Obyek wisata Pulau Mursala termasuk wilayah Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Luas Pulau Mursala sekira 8.000 hektare, merupakan daerah perbukitan yang indah.

Di pulau ini terdapat beberapa aliran sungai berbatu dengan arus cukup deras yang mengalir membelah Pulau Mursala. Perairan Pulau Mursala memiliki banyak keindahan terumbu karang di bawah laut sehingga dijadikan konservasi terumbu karang.

Taman terumbu karang di Pulau Mursala sendiri sudah menjadi salah satu target tempat konservasi terumbu karang yang dilakukan COREMAP (Coral Reef Rehabilitation and Management Program), yakni sebuah lembaga yang dinaungi oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan) dan Dinas Kelautan dan Perikanan untuk menjaga kelestarian terumbu karang. Demikian seperti dikutip Wisatanesia, Senin (6/2/2012).

Di sekitar Pulau Mursala, terdapat beberapa pulau kecil yang mengitarinya, seperti Pulau Silabu-labu Nagodang, Pulau Kalimantung Namenek, Pulau Jambe, dan Pulau Puti, semua kekhasan tersendiri yang menambah keindahan wisata bahari Pulau Mursala.

Keunikan lain Pulau Mursala adalah tersedianya objek wisata air terjun dengan ketinggian lebih kurang 35 meter yang langsung jatuh dari tebing pulau ke permukaan laut. Air terjun ini berada pada bagian pulau yang menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Air mengalir pada batuan granit kemerah-merahan di tebing pulau, lalu tercurah dalam volume yang besar ke permukaan laut dengan bunyi berdebum-debum. Volume air terjun akan lebih besar lagi pada musim penghujan. Untuk Anda yang hanya ingin merekam keindahan air terjun itu, Anda bisa menyaksikannya dengan menyewa kapal.

Gaung Pulau Mursala memang belum banyak didengar orang, sebab di pulau ini belum ada cottage yang bisa dijadikan tempat menginap, juga hanya ada sekira 60 kepala keluarga yang menetap di pulau ini. Namun, bisa jadi privasi Pulau Mursala yang sangat terjaga ini daya tariknya di mata sutradara film Hollywood.

Letak Pulau Mursala hanya memakan waktu perjalanan dua jam dengan perahu, yang kemudian bisa mengantar Anda dari dermaga yang ada di pesisir Kabupaten Pandan, Sibolga. Harga sewa perahu kurang lebih Rp1,3 juta. Beberapa ratus meter menuju pesisir Pantai Mursala, Anda sudah disuguhi pemandangan bawah laut yang cukup memesona.

Tak mengherankan bila sineas Hollywood mengincar Pulau Mursala yang memesona sebagai salah satu latar dalam cerita filmnya. Dan ternyata, masih banyak pesona Indonesia lainnya yang menarik hati para sineas Hollywood. Apa saja? Simak ulasannya selanjutnya. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    BEC Hadirkan Tarian Mistis Seblang