Tahapan Potong & Fillet Ikan

|

Johan Sompotan - Okezone

(Foto:rumahbunda)

Tahapan Potong & Fillet Ikan
MEMBELI ikan di pasar tradisional maupun swalayan, Anda pasti meminta untuk dibersihkan sehingga cepat diolah. Pahami cara memotong ikan bila ingin melakukannya sendiri di rumah.
 
Ternyata, cara tersebut cenderung tidak bagus. Pasalnya, tingkat kesegaran ikan perlahan berkurang. Jadi, sebaiknya Anda membeli ikan di pasar ikan atau tempat pelelangan ikan karena meski minta dibersihkan, kondisi ikan masih segar dan belum terkena udara maupun debu.
 
Untuk menikmati ikan segar, Anda harus benar-benar menguasai teknik pembersihan untuk memertahankan rasa serta kualitas ikan, seperti dilansir Ehow, Jumat (10/2/2012):
 
Pencucian
 
Cuci bersih lendir yang dapat menyebabkan ikan terkontaminasi bakteri dan mengakibatkan kebusukan. Bila mengolah ikan besar, gunakan selang air lalu semprotkan pada ikan. Atau, bisa Anda rendam dalam ember lalu bersihkan. Setelah itu, sebisa mungkin beri es batu.
 
Potong insang

 
Membeli ikan segar, Anda harus menemukan darah pada tubuhnya. Karena bila tidak, berarti ikan sudah jelek. Tapi bila Anda menangkap ikan, Anda bisa menusukkan pisau tajam ke bagian insang lalu potong.
 
Bersihkan sisik
 

Membersihkan ikan, jangan lupa hilangkan sisiknya agar tidak mengganggu saat dimakan. Caranya, gunakan pisau tajam. Anda bisa menelentangkan ikan atau dengan cara, angkat ikan serta tahan bagian ekor ikan.
 
Miringkan pisau lalu lakukan gerakan mulai dari arah kepala ikan menuju bagian ekor. Bila masih terdapat bagian mengkilap, itu pertanda masih ada sisik ikan yang belum dibersihkan.
 
Potong ikan
 

Tempatkan ikan pada talenan lalu potong bagian kepala hingga mencapai tulang punggung ikan, mengiris sepanjang bagian tulang rahang ikan. Jangan lupa, Anda harus mengeluarkan isi perut ikan, jaringan insang merah berbentuk bulu pun juga harus Anda buang. Setelah diambil semuanya, Anda bisa membilasnya kembali dengan air. Bila masih ada yang tersisa, gunakan jari telunjuk untuk mengambil isi perut ikan yang tertinggal.
 
Fillet
 
Bila Anda hanya ingin menggunakan bagian daging saja, Anda harus menempatkan ikan pada permukaan yang datar. Buatlah potongan mulai bagian leher ikan menuju ekor. Potong secara perlahan, ambil bagian daging ikan saja lalu buang bagian tulangnya. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Soto Lamongan Ikon Hotel Dharmawangsa