Festival Budaya Jepang Pacu Kreativitas Seniman Indonesia

|

Mutya Hanifah - Okezone

(Foto: antarafoto)

Festival Budaya Jepang Pacu Kreativitas Seniman Indonesia
AKHIR Februari, Jakarta siap menggelar "Japan Pop Culture Festival 2012". Acara yang dibidani Kedutaan Besar Jepang dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini diharapkan mampu memacu kreativitas seniman Tanah Air.

Pada 25 dan 26 Februari 2012, Komite Japan Pop Culture Festival dengan dukungan Agency for Cultural Affairs Japan akan menyelenggarakan ajang pertukaran budaya "Japan Pop Culture Festival 2012". Acara ini diadakan sebagai salah satu agenda memajukan pertukaran dan kerjasama budaya. Festival dihelat pertama kali di Indonesia, berbeda dengan festival-festival Jepang yang sebelumnya ada di Jakarta.

"Di festival Japan Pop Culture ini, kami ingin fokus pada budaya pop yaitu dengan konser grup AKB48 dan workshop-workshop seputar anime, manga, make up, dan lain-lain," tutur Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Shimada, di Kedutaan Besar Jepang, Jakarta, Selasa (14/2/2012). "Kami juga mengharapkan festival ini tidak hanya dihadiri penggemar J-Pop namun juga seluruh masyarakat Indonesia dan Jakarta, pada umumnya," tukas Shimada.

Sementara Direktur Seni dan Pertunjukan Kemenparekraf, Sulistyo, berharap festival ini dapat membawa sesuatu yang baik bagi seniman Indonesia. "Dalam kaitannya dengan industri kreatif, festival ini bisa menjadi stimulan bagi seniman Indonesia untuk terus kreatif," tegasnya.

Japan Pop Culture Festival 2012 akan diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta, dengan kegiatan utama J-Pop Concert yang akan dimeriahkan kolaborasi grup idola asal Jepang, AKB48 dengan sister group pertamanya di luar Jepang, JKT48. Festival juga akan digelar di Plaza Senayan, Jakarta, berupa pengenalan budaya melalui pemuataran film anime dan film concert grup rock terkenal Jepang. Tak ketinggalan, pengenalan budaya 'Kawaii' berupa hair styling dan make up show dipandu hair stylist Jepang yang menetap di Indonesia.

Akan ada pula workshop manga oleh instruktur komik Jepang, "Preserved Flower Arrangement and Demonstration" serta "Visit Japan" yaitu booth-booth yang mempromosikan pariwisata Jepang.

"Acara ini sekaligus peringatan satu tahun bencana gempa bumi di Jepang. Kami ingin menunjukkan rasa terima kasih kami kepada warga Indonesia yang telah banyak membantu kami," tambah Shimada. "Kami juga ingin memerlihatkan bahwa meskipun terkena musibah bencana alam yang cukup parah, kami masih memiliki semangat untuk terus membangun," tutupnya. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Inilah Kursi Pesawat Masa Depan