Obat Mahal, Penyebab Tingginya Biaya RS

|

Iwan Supriyatna - Okezone

Minum obat (Foto: Corbis)

Obat Mahal, Penyebab Tingginya Biaya RS
BIAYA kesehatan (obat-obatan) meningkat 10 persen dan 43 persen sejak 2011 untuk obat yang mengandung parasetamol. Hal tersebut berimbas pada tingginya biaya rumah sakit.
 
Dari situs Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) menyatakan, bahwa biaya pengobatan di rumah sakit swasta bisa mencapai 500 persen lebih mahal dibanding dengan rumah sakit pemerintah.
 
“Meningkat biaya kesehatan juga dipicu oleh ketidakseimbangan rasio jumlah kamar tidur rumah sakit dan masyarakat yang perlu terlayani,” tutur Chief Marketing Officer Asuransi Cigna Theodoris Wiryawan, di Jakarta, Selasa (6/3/2012).
 
Menurutnya, hingga akhir 2010, terdapat kurang lebih 1.523 rumah sakit baik milik pemerintah dan swasta, dengan perkiraan 210.000 tempat tidur untuk rawat inap yang akan digunakan melayani sekira 230 juta penduduk di Indonesia.
 
“Perbandingannya adalah sebesar satu tempat tidur banding 1.095 orang, sedangkan rasio ideal sebagaimana dilansir oleh Kementerian Kesehatan RI adalah satu tempat tidur banding 500 orang,” terangnya.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Aktris Cantik Ini Ingin Vaksin Kanker Serviks