Vitamin-Vitamin Penting untuk Tubuh (II)

Minggu, 11 Maret 2012 - 19:06 wib | Gustia Martha Putri - Okezone

Pisang baik untuk tubuh (Foto: Corbis)

Vitamin-Vitamin Penting untuk Tubuh (II)
VITAMIN dan mineral dibutuhkan untuk mendukung kinerja sistem metabolisme tubuh. Untuk pemakaiannya, sebaiknya sesuaikan dengan takaran tubuh.
 
Selenium, misalnya, sebagai mikronutrien penting yang diperlukan tubuh manusia karena merupakan unsur gizi yang sangat penting bagi tubuh agar vitamin E berfungsi dengan baik. Beberapa manfaatnya, menurunkan risiko terkena kanker dan meningkatkan fungsi seksual. Tetapi jika terlalu banyak, selenium bersifat toksik.
 
Berikut vitamin-vitamin yang dibutuhkan tubuh, sebagaimana dilansir Health, Minggu (11/3/2012).
 
Multivitamin
 
Pil-pil multivitamin diciptakan untuk menyokong asupan gizi pada orang-orang yang kurang mengoptimalkan asupan nutrisinya. Tetapi, pil-pil mulitivitamin bukanlah yang bermanfaat menyelamatkan sebuah nyawa. Pasalnya, sebuah penelitian besar pada 2009 gagal menemukan efek menguntungkan dari vitamin untuk mencegah kanker ataupun kematian dari seorang wanita menopause.
 
Kalium
 
Kalium dapat menurunkan tekanan darah, mengatur denyut jantung agar lebih teratur, dan melawan efek sodium terlalu banyak. Kalium dapat ditemukan dalam pisang, kismis, sayuran hijau, jeruk, dan susu.
 
Pertimbangkan penggunaan suplemen jika Anda mengonsumsi tablet kalium, karena potensi berisiko tinggi hipertensi dan penyakit jantung. Perlu diketahui bahwa terlalu banyak kalium bisa berbahaya bagi orangtua dan orang dengan penyakit ginjal.
 
Selenium
 
Tubuh membutuhkan sejumlah kecil antioksidan ini yang ditemukan dalam daging, makanan laut, telur, dan roti. Sebuah studi menemukan, bahwa mengonsumsi 200 mikrogram sehari mengurangi risiko prostat, paru, dan kanker kolorektal.
 
Kendati demikian, jangan mengandalkan selenium untuk menurunkan kemungkinan Anda terserang kanker. Pasalnya, terlalu banyak selenium dalam tubuh akan memicu terjadinya penyakit selenosis dengan gejala kerusakan pencernaan dan saraf.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    "Aktif Berhubungan Seksual Wajib Pap Smear"