Agar Bumil Bisa Melahirkan Normal (I)

|

Gustia Martha Putri - Okezone

Ibu hamil (Foto: Corbis)

Agar Bumil Bisa Melahirkan Normal (I)
WALAUPUN ilmu kedokteran sudah sangat canggih dan kelahiran dengan cara caesar sudah dapat dipastikan aman, tetapi para ibu dan dokter kandungan tetap memilih untuk kelahiran normal.
 
Bagaimanapun jika memungkinkan, persalinan normal  lebih baik. Pemulihan pascamelahirkan normal pun lebih cepat.
 
Lantas apa sajakah yang dapat dilakukan para ibu hamil (bumil) agar dapat melahirkan secara normal? Berikut kiat-kiat dari Boldsky, Selasa (13/3/2012).
 
Anda harus sehat
 
Dengan kondisi kesehatan secara keseluruhan bekerja dengan baik, Anda dapat menanggung shock dan kelelahan dari persalinan normal. Banyak orang bilang melahirkan bayi seperti menarik 40 gajah secara bersamaan, sangat melelahkan. Sehingga Anda harus mengumpulkan energi terlebih dahulu untuk mendorong bayi keluar. Jika Anda menderita kekurangan gizi, maka itu membuat semuanya menjadi rumit.
 
Konsumsi makanan sehat dengan pola yang tepat
 
Makan untuk memuaskan rasa lapar atau keinginan saja tidak cukup. Anda harus mengikuti pola makan yang diberikan oleh dokter untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda.
 
Masa kehamilan menguras zat besi dan kalsium, tetapi tubuh Anda harus dapat memuat cadangan. Agar Anda tetap bertahan, meski banyak mengalami perdarahan ketika melahirkan.
 
Minum banyak air
 
Semakin banyak air, semakin baik. Semakin banyak kandungan air dalam tubuh ibu hamil, semakin baik untuk kantong ketuban. Ingat bahwa bayi Anda dalam kantong air, sehingga cairan tersebut akan memberi sang bayi energi. Delapan hingga 10 gelas air putih per hari adalah sebuah keharusan, tapi lebih dari itu lebih baik.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Merawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir