Penyakit di Balik Mata Kering

|

Gustia Martha Putri - Okezone

Alami sakit mata (Foto: Corbis)

Penyakit di Balik Mata Kering
MENJAGA kesehatan mata tak bisa dianggap remeh. Mata kering misalnya, disebabkan karena kekurangan asupan seperti omega-3.
 
Mata kering juga disebabkan adanya beberapa penyakit. Berikut paparan penyakit yang menyebabkan terjadinya mata kering, sebagaimana dilansir Dailymail.
 
Menopause
 
Menopause menyebabkan perubahan tingkat hormon, serta mempengaruhi mekanisme pelumasan mata, kata David Allamby, seorang ahli bedah mata dan direktur medis dari Klinik Fokus Laser Eye di London.
 
Mata menjadi kurang cairan untuk membersihkan seluruh permukaan mata sehingga menyebabkan mata kering.
 
Untuk mengatasi masalah itu, tutup mata Anda selama 20 detik setiap 10 menit, saran James Ball, konsultan ahli bedah mata di Rumah Sakit St James di Leeds. Bekerja di kantor ber-AC, atau menggunakan lensa kontak terlalu lama juga dapat menyebabkan mata kering (AC mengering, sementara lensa kontak menyerap banyak kelembapan di mata).
 
Jika Anda membutuhkan tetes mata untuk mata kering, pilih merek tanpa pengawet benzalkonium klorida, yang dapat menyebabkan iritasi. Hal tersebut dapat dilihat di belakang botol.
 
Tetes mata yang paling mengandung bahan pengawet untuk menghambat bakteri karena mereka digunakan lagi dan lagi. Tetes mata tanpa pengawet dibuat dalam satu tabung berdosis yang harus segera digunakan ketika dibuka, atau tak lebih dari satu hari. Selain menggunakan tetes mata, mata kering dapat dibantu dengan mengambil suplemen omega 3,6 dan 9.
 
Sindrom sjogren
 
Sindrom sjogren adalah sebuah kelainan autoimun di mana sel imun menyerang dan menghancurkan kelenjar eksokrin yang memproduksi air mata dan liur. Sindrom ini dinamakan dari seorang ahli penyakit mata Henrik Sjogren (1899-1986) dari Swedia, yang pertama kali memaparkan penyakit ini. Sindrom Sjogren selalu dihubungkan dengan kelainan rheumatik seperti arthritis rheumatoid dan terdapat faktor rheumatoid positif pada 90 persen dari jumlah kasus. Gejala-gejala utama pada sindrom ini adalah kekeringan mulut dan mata.
 
Keratitis
 
Keratitis merupakan kelainan akibat terjadinya infiltrate sel radang pada kornea yang akan mengakibatkan kornea menjadi keruh, biasanya diklasifikasikan dalam lapisan yang terkena seperti keratitis superficial, intertitisial, dan profunda.
Salah satu penyebabnya adalah mata kering. Gejalanya seperti mata terasa perih, gatal, dan seperti ada kotoran.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Benarkah Bra Ketat Picu Kanker Payudara?