Anak dari Pernikahan Siri Tak Miliki Hak Waris

Selasa, 20 Maret 2012 - 10:19 wib | K. Wahyu Utami - Okezone

Anak dari Pernikahan Siri Tak Miliki Hak Waris Melahirkan anak (Foto: Corbis)

MESKIPUN menjadi darah daging sendiri, buah hati hasil dari pernikahan siri memiliki keterbatasan. Dalam hak waris, anak tersebut tidak berhak mendapatkannya.
 
Pelajarilah seluk beluk pernikahan siri sebelum Anda menjalaninya. Pasalnya, selain tidak terlalu menguntungkan bagi pasangan suami istri, hal tersebut pun tak memberikan efek positif bagi buah hati yang dihasilkan kelak.
 
Ya, memiliki anak dari hasil pernikahan siri memang tidaklah segampang seperti ketika mereka melakukan pernikahan yang sah secara negara. Selain perbedaan soal legalitas, pernikahan siri pun akan berdampak pada perasaan moral serta psikologis anak dalam tumbuh kembangnya.
 
Menurut Psikolog dan Dosen Muda Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Bandung, Fredick Dermawan Purba, pernikahan siri akan menimbulkan dampak psikologis yang berat bagi anak ketika mereka mengetahui status pernikahan orangtuanya.
 
“Mungkin jika masih kecil tidak masalah ketika mengetahui pernikahan siri orangtuanya, hanya saja yang sedikit menyusahkan nantinya mengenai status hukum administrasi yang akan dibutuhkan ke depan,” tutur pria berkacamata ini ketika berbincang dengan okezone via sambungan telepon, Senin (19/3/2012).
 
Kendala berikutnya, sambung Fredick, terkait dengan status anak ke depannya mereka tidak akan memiliki akte lahir karena keterangan ayah akan kosong. Imbasnya, dia pun tidak akan mempunyai hak waris yang legal jika terjadi sesuatu.
 
“Ketika nanti terjadi perceraian orantuanya, mereka pun tidak bisa cerai secara hukum karena pernikahan mereka tidak pernah didaftarkan secara legal. Dan anak pun tidak akan mendapatkan hak waris dari harta ayahnya,” tandasnya.(ind)
(tty)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »