Alasan James Cameron Eksplor Laut lewat Titanic & Avatar

|

Mutya Hanifah - Okezone

James Cameron di kapal selamnya (Foto: CNN)

Alasan James Cameron Eksplor Laut lewat Titanic & Avatar
Beberapa film James Cameron, seperti Titanic dan Avatar, mengeksplorasi keindahan laut sebagai lokasi syutingnya. Ternyata, sutradara pemenang Oscar ini mencintai laut.

James Cameron yang telah menyutradarai film-film fenomenal ini tengah bersiap untuk berwisata ke perairan terdalam di dunia. Dia berencana mengeksplorasi kedalaman Challenger Deep, titik terdalam di perairan dunia pada akhir bulan ini.

Situs laut ini merupakan bagian dari Palung Mariana dekat Guam di Pasifik Barat. James bersama timnya telah merencanakan ekspedisi ini selama delapan tahun terakhir, bergabung bersama para ahli dan ilmuwan kelautan.

Sebelumnya, dia juga pernah melakukan ekspedisi penyelaman, dengan turun sedalam delapan kilometer di bawah permukaan Laut Solomon, sebelah selatan Papua Nugini. Melakukan ekspedisi laut dalam memang mejadi salah satu hobinya. Bahkan inilah yang membuatnya terinspirasi membuat dua filmnya yang paling sukses "Titanic" (1997) dan "Avatar" (2009). Dia sudah pernah menyelami Samudra Atlantik Utara untuk melihat bangkai asli Titanic, kehidupan di film Avatar juga terinspirasi dari apa yang ia lihat di dalam laut.

Penyelamannya di Challenger Deep akan menggunakan kapal selam Deepsea Challenger yang mampu menyelam hingga kedalaman tersebut dan memiliki kamera serta robot otomatis. "Ini adalah pengalaman yang sangat menarik. Anda akan melihat pemandangan laut yang menakjubkan," kata Cameron, seperti dilansir CNN, Selasa (20/3/2012).

Dengan kedalaman lebih dari 10.900 meter, Palung Mariana memiliki kedalaman yang lebih jauh daripada tinggi Gunung Everest, dan sebelumnya hanya pernah dikunjungi dua manusia, yaitu Letnan US Navy Don Walsh pada 1960 dan penjelajah Swiss Jacques Piccard pada saat yang sama.
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Daftar Kelakuan Menghebohkan Wisatawan Tionghoa