Simpan Ayam di Kulkas Harus Terpisah

|

Johan Sompotan - Okezone

(Foto: gettyimages)

Simpan Ayam di Kulkas Harus Terpisah
MEMILIH daging ayam berkualitas banyak orang tahu, mengolahnya dalam santapan lezat juga banyak orang memahaminya. Namun, bisa jadi tidak banyak orang tahu bagaimana menyimpan daging ayam saat berdampingan dengan bahan makanan lainnya di dalam lemari pendingin.
 
"Kalau mau simpan ayam di lemari pendingin, ayam harus berada di tempat tersendiri, jangan satukan ayam dengan bahan makanan yang lain," kata Chef Idham Mirwan, Executive Chef Cheese Cake Factory, kepada okezone saat ditemui di Cheese Cake Factory, Jalan Cikini Raya No. 16, Jakarta, Kamis (29/3/2012).
 
Mengapa daging ayam harus disimpan secara terpisah? Dia menjelaskan bahwa di dalam daging ayam terdapat bakteri salmonella yang bisa menjadi kontaminan bagi bahan-bahan makanan di sekitarnya. Meskipun Anda sudah menyimpan daging ayam di dalam plastik kedap udara, tetap saja bakteri berbahaya bagi kesehatan ini masih bisa terkontaminasi. Karenanya, hal mutlak bila ayam disimpan secara terpisah.
 
"Bakteri salmonella merupakan salah satu jenis bakteri yang sangat kuat daya kontaminannya. Bahkan kalau sudah memaparkan bakteri, Anda mau cuci sekalipun, bakteri tersebut tetap menempel pada bahan makanan yang akan Anda olah," tegasnya.
 
Selain proses penyimpanan yang harus dilakukan secara terpisah, proses pengolahan juga penting diperhatikan. Daging ayam tidak boleh diolah setengah matang.
 
"Daging ayam memiliki karakter yang berbeda ketimbang jenis daging lainnya. Kalau diolah secara tidak matang, bisa berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu, mengolah ayam haruslah matang benar," tutupnya
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Vokalis Ini Tidak Berani Santap Kuliner Ekstrem Manado