10 Mitos Salah Soal Penggunaan Obat (II-Habis)

|

Gustia Martha Putri - Okezone

Komunikasi dengan dokter (Foto: Corbis)

10 Mitos Salah Soal Penggunaan Obat (II-Habis)
MITOS-MITOS yang diyakini masyarakat menjadi permasalahan terhadap pentingnya penggunaan obat secara baik, benar, dan rasional.
 
"Mitos-mitos yang salah harus diperbaiki. Ini terjadi karena tidak ada pembenaran dan terjadi turun-temurun," tutur Prof Dr Rianto Setiabudy dari Departemen Farmakologi, Fakultas kedokteran Universitas Indonesia dalam journalist workshop di FX Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2012).
 
Berikut mitos-mitos salah di masyarakat mengenai penggunaan obat, sebagaimana dipaparkan Prof Rianto.
 
Suntik mempercepat sembuhnya sakit
 
"Banyak pasien yang sedikit-dikit minta disuntik agar cepat sembuh. Tidak selalu."
 
Makan obat dalam waktu lama bisa merusak ginjal
 
"Ini pun tidak benar. Ada penyakit-penyakit yang memang masa penyembuhannya diharuskan mengonsumsi obat selama bertahun-tahun. Misalnya tuberkulosis. Harus patuh minum obat secara rutin setiap hari selama dua tahun, agar penyembuhannya optimal."
 
Obat tradisional atau herbal pasti aman
 
"Semua obat yang memiliki efek penyembuhan, maka memiliki efek samping. Begitu pun dengan herbal. Misalnya, morfin. Morfin itu juga dari tumbuhan, bisa dijadikan obat. Tapi dia memiliki efek candu. Mengandung zat adiktif. Sama halnya dengan tembakau, itu juga ada efek sampingnya."
 
Vitamin merupakan kebutuhan esensial untuk mempertahankan kesehatan tubuh
 
"Penggunaan vitamin setiap hari belum tentu baik. Vitamin adalah senyawa organik yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil untuk mempertahankan kesehatan."
 
Suplemen makanan (food suplement) sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan
 
"Food suplement atau suplemen makanan sebenarnya tidak diperlukan jika kita menjalani hidup sehat. Jika kita makan yang bergizi dan seimbang, tidak perlu food suplement. Bagaimanapun yang alami adalah yang terbaik."
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Alami Hal Aneh di Payudara, Segera Cek!